IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XII BDP 2 DI SMK NEGERI 1 LUMAJANG

Yuyun Gunarsih


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v8i2.4715

Abstract


BDP merupakan kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Lumajang dengan mapel Menata Produk. Mapel Menata Produk menyeimbangkan antara teori dan praktek. Pembelajaran Berbasis Proyek diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik dan memperoleh hasil belajar yang maksimal. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 10 sampai 13 Oktober tahun 2022 bertempat di Lab Praktik Alfamart SMK Negeri 1 Lumajang. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XII BDP 2 sebanyak 29 peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran mapel Penataan Produk mengikuti beberapa tahapan yaitu: Analisis Target Kompetensi (membuat indikator) dan Merancang kegiatan pembelajaran serta membuat instrumen penilaian. Langkah-langkah analisis data yaitu pengumpulan data, mengolah data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Penerapan Pembelajaran berbasis Proyek, dirasa efektif diterapkan dilihat dari proses pembelajaran yaitu peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik mendapatkan pengalaman yang berharga meliputi mengamati masalah kontekstual, berdiskusi untuk menggali informasi, melakukan penyelidikan, mengembangkan proyek, dan menganalisis/evaluasi pemecahan masalah. Dari Hasil penilaian peserta didik, Nilai terendah yang diperoleh peserta didik adalah 85. Pada indikator persiapan, 100% peserta didik mendapatkan nilai maksimal. Pada indikator ketepatan waktu; penempatan produk dan promosi; dan alat dan kelengkapan diatas 80% peserta didik mendapatkan nilai maksimal. pada indikator  pengelompokan  produk dan kebersihan area kerja perlu diperhatikan khusus karena kurang dari 30% peserta didik yang mendapatkan nilai maksimal.

Berdasarkan  analisis  hasil  pembahasan,  dapat  disimpulkan dalam hal pengalaman belajar dan Hasil belajar Peserta didik selama mengikuti Pembelajaran proyek. Penerapan Pembelajaran berbasis Proyek efektif diterapkan. Hasil penilaian menunjukkan semua peserta didik sudah mendapatkan hasil diatas nilai kriteria minimum. Semua Peserta didik mendapatkan nilai diatas 75.


Article Metrics :

References


Astari, I. Y. (2019). Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. JURNAL EKUIVALENSI, 5(1), 83–97. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/223

Damiri, H. I. W. (2015). Upaya Peningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Kesiswaan Di SMK Negeri 1 Lumajang [UIN KHAS Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/18885/

Eduar, R., & Nidyawati. (2021). Saluran Distribusi dan Promosi terhadap Volume Penjualan Motor Honda CB 150R. Journal of Management and Bussines (JOMB), 3(2), 93–103. https://doi.org/10.31539/JOMB.V3I2.2722

Fauzan, R., Siagian, A. O., Sudirjo, F., Sani, I., Prasetiyo, B., Yuliani, Lestari, S. P., & Muthiah, H. (2023). Manajemen Ritel (D. P. Sari, Ed.; Vol. 1). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hbitEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Perencanaan+dalam+memvisualisasikan+hasil+produk+melalui+penataan+produk+dalam+suatu+tempat+agar+tingkat+pemasaran+lebih+dikenal+daya+tarik+dalam+menata+produk+pada+perencanaan+yang+optimal&ots=x6I-tRDvdd&sig=I52WtMTu1u4savi8nl4jXtHI0N8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/RJ.V3I1.1264

Juwairia, Koryati, D., Eka Amrina, D., & Sintara, U. (2022). MENINGKATKAN KREATIVITAS DESAIN FLYER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 15–26. https://doi.org/10.36706/JP.V9I1.16084

Oktora, T. T. (2023, Juni 29). Penerapan Aplikasi Balsamiq Wireframes Pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Lumajang | Joined Journal (Journal of Informatics Education). Joined Journal (Journal of Informatics Education). https://doi.org/https://doi.org/10.31331/joined.v6i1.2579

Pontjowulan. (2023). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Syntax Transformation, 4(4), 11–23. https://doi.org/10.46799/JST.V4I4.712

Pramana, C. A., & Subiyantoro, H. (2020). KONTRIBUSI INSTRUKTUR DAN PELATIHAN TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN DI UPT PELATIHAN KERJA TULUNGAGUNG TAHUN 2018. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2), 20–30. https://doi.org/10.29100/JUPEKO.V5I2.1010

Putri, Y. D., & Dwijayanti, R. (2021). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1041–1047. https://doi.org/10.26740/JPTN.V9N1.P1041-1047

Rahmadani, R. D., & Marlena, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1083–1089. https://doi.org/10.26740/JPTN.V9N1.P1083-1089

Sanjaya, G. F., & Sudarwanto, T. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD PADA MATERI ATRIBUT PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 939–945. https://doi.org/10.26740/JPTN.V8N3.P939-945

Sulani, S. T. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020 [UIN KHAS Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/14387/

Sunarsih, M. C. S., & Setijani, T. (2023). Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Konstanta : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 47–58. https://doi.org/10.59581/KONSTANTA-WIDYAKARYA.V1I2.671

Umami, N. (2017). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KARAKTER MELALUI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (SOCIOPRENEURSHIP). Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 1(2). https://doi.org/10.29100/JUPEKO.V1I2.226