PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KOPERASI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Hestin Sri Widiawati
Efa Wahyu Prastyaningtyas


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/.v2i2.361

Abstract


Akuntansi koperasi adalah mata kuliah program studi pendidikan ekonomi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa buku ajar yang dimiliki mahasiswa masih kurang memadai untuk proses pembelajaran yang kondusif, khususnya bahan ajar yang berbentuk cetak. Ketidakpahaman mahasiswa terhadap penyajian materi pada buku teks mengakibatkan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar mandiri. Dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa maka diperlukan  pengembangan bahan ajar yang berupa LKM. LKM yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKM yang berbasis problem based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui hasil pengembangan LKM mata kuliah akuntansi koperasi berbasis problem based learning yang valid, praktis dan efektif bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi  Universitas Nusantara Kediri, 2. Mengetahui kelayakan LKM yang telah dikembangkan untuk mata kuliah akuntansi koperasi berbasis problem based learning, 3. Menetahui respon mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap LKM yang telah dikembangkan

Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pebelajaran ini adalah Model Thiagarajan yang lebih dikenal dengan Model 4-D, yang terdiri dari: (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (Perancangan), (3) Tahap develop (pengembangan) dan (4) tahap disseminate (penyebaran). Untuk mendukung pengembangan bahan ajar dalam tahap define (pendefinisian) dilakukan analisis RPP dan buku teks, mereview literatur, serta wawancara mahasiswa dan teman sejawat. Pada tahap design (perancangan) dilakukan perancangan lembar kerja mahasiswa. Untuk mendukung pengembangan LKM dalam tahap design (perancangan) dikembangkan draf awal  yang berupa: (1) lembar validasi LKM, (2) lembar validasi evaluasi, (3) lembar observasi LKM, (4) Lembar observasi aktifitas mahasiswa, (5) angket penilaian mahasiswa dalam uji keterbacaan dan (6) angket respon mahasiswa.

            Data yang sudah dihasilkan dianalisis secara deskriptif kualitatif, menggunakan tabel distribusi persentase tunggal dan t-test tanpa kelompok kontrol (menggunakan nilai tes awal dan tes akhir) untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran yang sudah disampaikan.

Kata kunci: lembar kerja mahasiswa, akuntansi koperasi, problem based learning.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arend. 2008. Leaning to Teach: Belajar untuk Mengajar Terjemahan dari Learning to Teach oleh Helly Prajitno Soetjpto dan Mulyatin Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamzah B dan Nina. 2011. Teknologi informasi dan komunikasi pembelajara. Jakarta: PT Bumi Putra.

Kartini.(Tesis 2011). Pengembangan bahan ajar model praktikum akuntansi koperasi materi pencatatan bukti-bukti transaksi bagi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP universitas jember. Tesis tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang.

Http://fasilitas.itgo.com./buku/PEDOA/htm. Pengembangan Bahan Ajar.

Mulyaningsih. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Pujiati. 2006. Pengembangan bahan ajar praktikum pengantar akuntansi untuk mahasiswa jurusan akuntansi, (online).(http://digilip.unila.ac.id.go)

Prastowo. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yoyakarta: Diva Press.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi. Jakarta: Erlangga.

Rahmi dkk. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiwa Berbasis Problem Based Learning pada Perkuliahan Persamaan Deferensial Biasa. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika UKSW Salatiga, 21 juni 2014, Vol 5 no1, ISSN: 2087-0922.

Sudarmawan, Adenk. 2013. Akuntansi koperasi pendekatan praktis penyusunan laporan keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfa Beta

Trianto.2013.Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Warigan. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Penanda Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF (Indonesian) View : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 
Program Studi Pendidikan Ekonomi
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru
Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Telepon:(0355) 321426
E-mail:ekonomi@stkippgritulungagung.ac.id