Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Bersekolah di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Tulungagung

Ahmad Dian Prasetia


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v7i2.3334

Abstract


Suatu suatu lembaga Pendidikan harus dikelola oleh tenaga yang professional. Hal ini mengaharuskan adanya strategi untuk bersaing untuk mendapatkan siswa. Pemasaran sekolah sebenarnya tidak mempunyai aturan yang tetap dan standar dalam pelaksanaannya. Dalam pemasaran jasa perlu dilaksanakan segmentasi pasar yang lebih dikenal dengan STP (Segmenting,Targeting,dan Positioning). Kemudian diperlukan bauran pemasaran sebagai alat untuk memasarakan jasa. Bauran pemasaran jasa mengacu pada tujuh tingkat keputusan pemasaran yang luas, yaitu: produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place), orang (people), Proses (Process), dan bukti nyata (Physical Evidence).

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Tulungagung. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar dan bauran pemasaran terhadap keputusan siswa dalam bersekolah di sekolah tersebut. Data primer dalam penelitian ini merupakan kuesioner yang diberikan kepada siswa dan orang tua di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Tulungagung yang berjumlah 38 orang, yang selanjutnya akan diolah menggunakan software SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan siswa dalam memilih bersekolah di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Tulungagung dengan nilai sebesar 0.0563 > 0.05 dan nilai t-hitung sebesar 0.585 < t-tabel 2.03011. Sementara pada variabel bauran pemasaran menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan bersekolah di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika dengan nilai sebesar 0.007 < 0.05 dan t-hitung 2.877 < t-tabel 2.03011


Keywords


Segmentasi Pasar, Bauran Pemasaran, Keputusan

Article Metrics :

References


Kristiawan, Muhammad, Et Al. Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2017, 2.2: 403-432.

Faizin, Imam. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah, 2017, 7.2.

Setiawan, Bagus. Peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia Di Era Mea.

Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi, 2017, 1.02: 141-148. Karamoy, Sandy Wulan. "Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk KPR BNI Griya." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3 (2013).

Komalasari, Fitri. (2012). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia Eseries. Jurnal Ekonomi Universitas Gunadarma.

Wowor, Valdy Ronald. "Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.4 (2012).

Wahyu, Milde. "Analisis Strategi Pemasaran Dan Pasar Sasaran Mahasiswa Non Pendas Universitas Terbuka Upbjj Jambi." (2016): 418-428.