Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Nextgrow Barbershop di Desa Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek

Imam Sukwatus Sujai
Fikri Hasbian Wafa


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v7i1.2216

Abstract


ABSTRAK : Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Nextgrow Barbershop di Desa Pan-dean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuanti-tatif dengan pendekatan asosiatf. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a). Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel bebas kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) yaitu t hi-tung 5,996 > t tabel 1,674 yang berarti signifikan. Kemudian kontribusi yang diberikan yaitu sebesar 41,8% dan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh variabel variabel lainnya. Kesimpulan yang dihasilkan adalah terdapat pengaruh secara parsial pada kualitas pelayanan (X) terhadap kepua-san pelanggan (Y) Nextgrow Barbershop di Desa Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dengan kontribusi yang diberikan sebesar 41,8%.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Article Metrics :

References


Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Sherly, A. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. 1113.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suwuh, M. K., Maramis, F. R. R., Wowor, R. E., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Pasien, K. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas, 7(3), 18.

Yafie, A. S. (n.d.). Pengaruh kualitas produk dan jasa terhadap kepuasan pelanggan ( Studiapada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang ). 35(2), 1119.