STRATEGIC LEADERSHIP : SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU MASUK DI SMPN37 PURWOREJO

Sofiati .


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v5i2.1728

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran gaya kepemimpinan stratejik dalam upaya meningkatkan minat calon siswa masuk di SMPN 37 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 terdiri dari kepala sekolah, guru , siswa, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dengan metode diskritif kualitatif analitik dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang didapat dari responden, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan stratejik pada faktor internal organisasi sekolah mendasarkan model kepemimpinan perilaku ; pada faktor eksternal organsisi sekolah mendasarkan model kepemimpinan situasional; pada faktor kekuatan  organisasi sekolah mendasarkan model kepemimpinan perilaku ; pada faktor kelemahan organisasi sekolah mendasarkan model kepemimpinan organik; pada faktor peluang organisasi sekolah mendasarkan model kepemimpinan situasional ; dan pada faktor ancaman organisasi sekolah mendasarkan model kepemimpinan organik. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan strategi yang dapat meningkatkan minat adalah S-O.


Keywords


Strategic Leadership, Minat, Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Ayu, A Safrilia. (2013), “Strategi Hubungan masyarakat untuk Menarik Minat Orangtua dalam Menyekolahkan Anaknya di SMPN Satu Atap Lesanpuro 2 Malang”, Skripsi Sarjana. Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang, http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/26276 diakses tanggal 6 September 2016

David FR. (2006). Manajemen Strategis.Sulistio P dan Mahardika H. Penerjemah: Rahoyo S,editor;Edisi Sepuluh Jakarta:Salemba Empat. Terjemahan dari:Strategic Management” Concepts and Cases,10th ed”

Engel et al. (1995).Perilaku Konsumen .Jakarta Bina Rupa Aksara.

Hitt et al.(1997). Manajemen Strategis Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi. Jakarta. Erlangga

Kuntjara ,Esther. (2006), Penelitian Kebudayaan: Sebuah Panduan Praktis, Jakarta : Graha Ilmu.

(http://uny.ac.id.pdf, diakses tgl 28 September 2016 pkl. 14.45).

Handoko,Hani. (1996). Aplikasi Manajemen Strategik Dalam Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Siasat Bisnis .Th.1,Vol.2 Juni 15-20

Oosthuizen P,H Nienaber . (2010) .Status Manajemen Bakat di Industri Teknik Sipil Konsultasi: Survei. Jurnnal Lembaga Afrika Selatan-scielo.org.za https://scholar google.co.id

Jani P. Ardiyansah (2012), Teori Minat, http://uny.ac.id: 6 September 2016.pdf

Kamayuda ,Dwi DM.(2016). Perencanaan Stratgi Bersaing Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru di Salah Satu Sekolah Swasta Salatiga Jurnal Kelola Magister Pendidikan .vol. 3. No. 1. Januari –Juni. hal 15-29.

Kepmendikbud No. 053/U/2001 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM)

“Kurikulum Sekolah Menengah Pertama Negeri 37 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016”, 2015, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, (Mimeographed), Purworejo.

Mudrajat,Kuncoro. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Penerbit Erlangga.

“Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Pada TK/KB/TPA/SPS/ dan Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017”, 2016, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, (Mimeographed), Purworejo.

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Permendikbud. (2013) Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Di Kabupaten/Kota

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 80 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 .(2005) tentang Standar Nasional pendidikan.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Rangkuti, Freddy. (2006), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rosalin, Elin. (2010). Membangun Competitive Advantage Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan dan Perubahan Abad 21. Jurnal Manajemen Mendididkan. No 02 /Th VI .Oktober.9-20.D

Saputra, et al. (2019). Jurnal Kelola Manajemen Pendidikan. Vol. 6 .No. 2. Juli – Desember. Hal. 122-129.

Siswanto. (2012), Konsep Manajemen Strategi Sebagai Paradigma Baru Di Lingkungan Organisasi Pendidikan, http://www.siswanto.com/2012/konsep-manajemen.html, diakses 25 September 2015.

PH Slamet. (2019). Modul Kepemimpinan Stratejik, Yogyakarta: Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha

“Digelar Parade Seni Etalase Budaya”, Suara Merdeka, 30 Oktober 2015, hal 8.

Sugiyono (2001), Statistika Penelitian, Edisi I, Bandung : Alfabeta.

Susilowati, Rahma. (2012), Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Ke Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan Di Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta, http://eprints.uny.ac.id23231.pdf, diakses tanggal 9 September 2016.

Sutopo, H.B (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Penerbit Universitas Sebelas Maret.

Su’ud, Muh. (2015), Modul Manajemen Strategi, Yogyakarta: Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijayanti, ID Sari. (2008), Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : Mitra Cendekia.


Article Metrics :

Abstract view : 36 times
PDF View : 12 times