PENGEMBANGAN CAPACITY BUILDING DALAM PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KECAMATANTUGU, SEMARANG

Dheasey Amboningtyas


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v3i2.1042

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan kelompok usaha yang paling dapat bertahan ketika terjadi krisis ekonomi. Perkembangan jumlah unit usaha kecil menengah yang terus meningkat, hal ini tentunya akan membuka peluang kerja yang besar sehingga jumlah pengangguran berkurang.Keberadaan UKM dilihat dari segi tingkat pendidikan pengelola dan kemampuan masih rendah, masih sedikit pengusaha UKM kita yang berpendidikan Sarjana.
Fakta menunjukkan masih rendahnya kualitas sumber daya UKM khususnya dalam bidang manajemen, organisasi, penguasaan teknologi dan pemasaran.Rendahnya tingkat pendidikan para pengusaha kecil dan menengah tersebut ternyata tidak diimbangi dengan upaya-upaya peningkatan kemampuan (Capacity Building) baik melalui pelatihan, pendidikan, maupun studi banding secara terprogram.
SDM memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan, karena fasilitas yang canggih dan lengkap belum merupakan jaminan akan berhasilnya suatu organisasi tanpa diimbangi oleh kualitas SDM yang akan memanfaatkan fasilitas tersebut. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji strategi yang dapat digunakan UKM dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM dengan meliputi penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang kemudian data dianalisi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 67 times
PDF (Indonesian) View : 30 times