PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA

Estu Niana Syamiya
Vira Amanda Fitri


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v4i1.1027

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan menggunakan metode ceramah bervariasi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen. Adapun eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang  Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan sistem SPSS independent samples t test menunjukan nilai sebesar  8,469 dimana thitung > ttabel (8,469 > 1,997). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:Rhenika Cipta.

Fitri, M. A., & Tanjung, M. (2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa MTSN Model Padang. Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 40-48.

Hoirunnisa, A., & Wakijo. (2017). Penggunaan Model Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5 (2), 124–130.

Ikmah, S. F. ikmah, Margunani, & Yulianto, A. (2012). Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 1-7

Junarti, Sarini, & Imran. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Metode Ceramah Bervariasi di Kelas IV SDN 1 Palasa Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 28–40.

Novita, R. (2014). E-JUPEKHU(jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(3),

–204.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: kencana.

Sisdiknas. (2003). undang-undang nomer 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional permendiknas.

Slavin, Robert. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.


Article Metrics :

Abstract view : 50 times
PDF (Indonesian) View : 37 times