PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MELALUI METODE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KAMULAN KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK SEMESTER I TAHUN 2016/2017

Yuniarti Yuniarti

Abstract


Terwujudnya kondisi pembelajaran siswa aktif merupakan harapan dari semua komponen pendidikan termasuk masyarakat dan praktisi pendidikan. Oleh sebab itu dalam kegiatan pembelajaran dituntut suatu strategi pembelajaran yang direncanakan oleh guru dengan mengedepankan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui kegiatan belajar yang menekankan pada aktivitas siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah. Peneliti dapat merumuskan bahwa Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika materi pokok Operasi Hitung Bilangan Cacah melalui metode  STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2016/2017. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan prestasi belajar matematika materi pokok Operasi Hitung Bilangan Cacah melalui metode  STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2016/2017. Pembelajaran kooperatif STAD adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, bertukar pendapat mengenai topik/masalah tertentu, untuk memperoleh suatu kesepakatan atau kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kamulan. Jumlah subyek penelitian sebanyak 12 siswa semester I tahun 2016/2017. Alasan peneliti melakukan penelitian di Kelas IV karena siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini diketahui dari nilai rata rata siswa tersebut masih banyak yang dibawah KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode STAD pada pembelajaran matematika terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Kamulan pada materi Operasi Hitung Bilangan Cacah yaitu dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada sebelum siklus 58,33 dengan prosentase ketuntasan 33,33% meningkat pada siklus I menjadi 75,83 dengan prosentase ketuntasan sebesar 75,00% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,00 dengan prosentase ketuntasan sebesar 91,67%.

Keywords


STAD, prestasi belajar, operasi hitung bilangan cacah

References


Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di sekolah. Desetasi tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana IKIP Malang

Guba, E. G., & Licoln, Y. S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco : Jossey- Bass Publisher

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hamalik, O. 2001 . Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Poerwodarminto, WJS.2003. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Yayasan Penerbit Fak Psikologi Universitas Gajah Mada.

Sumadi Suryabrata.2003.Perkembangan individu.Jakarta : Rajawali

Spradley, J., P. 1980. Participant Observation. New York : Holt, Rinehart and Wiston

Suparno, P.,Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Usman, Uzer, M. 2001 . Menjadi Guru Profesional. Edisi Kedua. Cetakkan keempat belas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : PT Remaja Rosdakarya

Zuriah, N, 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : Bayu Medi Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.