PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD

Yuniarti Yuniarti


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.292

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyektifpeningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi operasi hitung bilangan cacah melalui penerapan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Kamulan Trenggalektahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 75,83 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% meningkat pada siklus II menjadi 85,00 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.


Keywords


prestasi belajar, model pembelajaran STAD

References


Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning (Cetakan Ke-15). Bandung: Nusa Media

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: BalaiPustaka.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Sukmadinata Nana Syaodih. 2007.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek.Jakarta: Prestasi Pustaka

Arikunto, 2007. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. jakarta: Rineka Aksara

Suparno, P.,Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.


Article Metrics

Abstract view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.