PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI UANG MELALUI METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA SISWA KELAS III SDN 3 NGADISUKO SEMESTER I TAHUN 2015/2106

Murningsing Murningsih

Abstract


Kemampuan guru untuk membangkitkan sikap berani siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan masih rendah, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan penggunaan metode yang tidak memperhatikan keaktifan siswa dan kondisi siswa yang merasa jenuh karena proses pembelajarannya masih monoton yang hanya dengan ceramah. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian tindakan kelas, yaitu “Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika materi uang melalui metode giving question and getting answer pada siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko semester I tahun 2015/2106?”Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika  materi uang melalui metode giving question and getting answer pada siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko semester I tahun 2015/2106. Metode giving question and getting answer dikembangkan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Di dalam model pembelajaran ini setiap siswa dituntut untuk aktif dalam bertanya maupun menjawab, jadi tidak hanya siswa itu – itu saja yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Penelitian tindkan kelas trebagi dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. maisng-maisng siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko yang berjumlah 19 orang. Penerapan metode giving question and getting answer mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan meningkatnya nilai rata-rata pada  I :  78,42 meningkat sebesar 11,58 menjadi 90,00 pada siklus II, sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 78,95% meningkat sebesar 21,05% menjadi 100% pada siklus II.


Keywords


giving question and getting answer, prestasi belajar

References


Arikunto Suharsimi. 1991. Perosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Aksara Baru.

Depdikbud 1996, Teknik Pembelajaran Bidang Studi Matematika, Jakarta : Depdikbud

Depdiknas. 2001. Pedoman Teknis Pelaksanan CAR (Classroom Action Research), Jakarta, Depdiknas

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

P3M SUP 1999 Jurnal Gentengkali, Surabaya : Depdikbud Kanwil Jatim

P3M SIAT 2002, Pelangi Pendidikan, Jakarta : Depdiknas.

Prayitno, Ellida, 1989, Motivasi Dalam Belajar, Jakarta : P2LPIK, Derdikbud.

Suryana, D, 2002, Belajar Aktif Matematika, Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas.

Tri Manunggal Kurniajaya, 2006. Panduan Menghadapi Ulangan Harian. Solo .

Winkel, 1987, Psikologi Pengajaran, Jakarta : Gramedia

Windardi, 1999, Pengenalan Metode Cooperative Learning,Malang : PPGIPSI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.