PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN MELALUI MODEL BELAJAR TALKING STICK PADA SISWA KELAS I SDN 2 GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK SEMESTER I TAHUN 2014/2015

Musaroh Musaroh

Abstract


Pada lampiran  hasil pengamatan lapangan yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran kooperatif di kelas tidak berjalan secara efektif, diskusi didominasi oleh salah seorang siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, kemampuan guru untuk membangkitkan sikap berani siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan masih rendah, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan penggunaan metode yang tidak memperhatikan keaktifan siswa dan kondisi siswa yang merasa jenuh karena proses pembelajarannya masih monoton yang hanya dengan ceramah. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan yang belum mencapai ketuntasan minimal yang di tetapkan sekolah yaitu 70. Berdasarkan paparan di atas, dapat dirumuskan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian tindakan kelas, yaitu “Bagaimana peningkatan prestasi belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui model belajar Talking Stick Pada Siswa Kelas I SDN 2 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek semester I tahun 2014/2015?”. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui model belajar Talking Stick Pada Siswa Kelas I SDN 2 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek semester I tahun 2014/2015. Prestasi belajar adalah besar kecilnya nilai yang dapat diraih oleh siswa setelah mengikuti kegiatan proses pembelajaran. Di samping itu prestasi belajar merupakan salah satu tolok ukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan seorang siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar yang diikutinya selama di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas I SDN 2 Gador.Jumlah subyek penelitian sebanyak  siswa semester I tahun 2014/2015.Alasan peneliti melakukan penelitian di Kelas I karena siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini diketahui dari nilai rata rata siswa tersebut masih banyak yang dibawah KKM. Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan ke dalam 2 siklus pada penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan Siswa Kelas I SDN 2 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek semester I tahun 2014/2015 dengan meningkatnya prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I :  77,93 dengan ketuntasan 79,31% dan siklus II : 88,97 dengan ketuntasan belajar 96,55%.

Keywords


talking stick, prestasi belajar, penjumlahan dan pengurangan

References


Arikunto Suharsimi. 1991. Perosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Aksara Baru.

Depdikbud 1996, Teknik Pembelajaran Bidang Studi Matematika, Jakarta : Depdikbud

Depdiknas. 2001. Pedoman Teknis Pelaksanan CAR (Classroom Action Research), Jakarta, Depdiknas

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

P3M SUP 1999 Jurnal Gentengkali, Surabaya : Depdikbud Kanwil Jatim

P3M SIAT 2002, Pelangi Pendidikan, Jakarta : Depdiknas.

Prayitno, Ellida, 1989, Motivasi Dalam Belajar, Jakarta : P2LPIK, Derdikbud.

Suryana, D, 2002, Belajar Aktif Matematika, Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas.

Tri Manunggal Kurniajaya, 2006. Panduan Menghadapi Ulangan Harian. Solo .

Winkel, 1987, Psikologi Pengajaran, Jakarta : Gramedia

Windardi, 1999, Pengenalan Metode Cooperative Learning,Malang : PPGIPSI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.