PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN MELALUI METODE TALKING STICK

Musaroh Musaroh


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.289

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui penerapan metode talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Gador 2 tahun pelajaran 2014/2015.Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dokumentasi dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 78,57 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 71,43% meningkat pada siklus II menjadi 91,43 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.


Keywords


prestasi belajar, penjumlahan-pengurangan,talking stick

References


Arikunto S, Suharjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Ke- 11. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Azhar, A. (2006). Media Pemebelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dantes. N, Dibia. K, dan Sukarpiani.M. (2013).Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep IPA siswa Kelas V di Gugus VII Bontihing.MIMBAR

PGSD.Vol 1 [Online]. Tersedia http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/686 (diakses 22 November 2015)

Miles, M. B dan Huberman, A. M. (1992).Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang

Metode-metode Baru. Terjemahan oleh Tjeptjep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI-Press.

Moleong, Lexi J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Wahyudiantari dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Berbantuan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 No.1.


Article Metrics

Abstract view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.