PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI PEMBERIAN BALIKAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK SEMESTER II TAHUN

Sunarto Sunarto

Abstract


Dalam proses pembelajaran siswa masih diperlakukan sebagai obyek, dalam arti guru masih saja menerapkan metode konvensional yaitu ceramah sehingga informasi hanya berlangsung searah saja dan pembelajaran lebih didominasi oleh guru sedangkan siswa hanya sebagai pendengar setia. Dengan demikian siswa praktis tidak aktif dalam menerima materi pelajaran. Kondisi kelas seperti ini mengakibatkan timbulnya kejenuhan dan akhirnya banyak siswa yang mengantuk. Apalagi kalau pembelajaran berlangsung pada jam terakhir. Disamping itu juga siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran yang berakibat materi yang diterima masih bersifat abstrak dan banyak berupa hafalan. Dengan demikian karena materi bersifat hafalan dan abstrak maka tentu saja akan mudah terhapus dalam ingatan siswa.  Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika pada materi Bilangan Romawi  melalui pemberian balikan di kelas IV SD Negeri 2 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun 2014/2015?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan prestasi belajar matematika pada materi Bilangan Romawi  melalui pemberian balikan di kelas IV SD Negeri 2 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun 2014/2015. Pemberian balikan adalah salah satu cara untuk memudahkan siswa belajar yaitu dengan memberikan informasi kepada siswa tentang hasil kerjanya dalam mengerjakan tes atau latihan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 2 Gador. Jumlah subyek penelitian sebanyak 14 siswa semester II tahun 2014/2015. Alasan peneliti melakukan penelitian di Kelas IV karena siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini diketahui dari nilai rata rata siswa tersebut masih banyak yang dibawah KKM. Dari hasil pengamatan dan analisis data secara keseluruhan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada I 72,50 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% mneingkat pada siklus II menjadi 82,50 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 91,67%.

Keywords


pemberian balikan, prestasi belajar, bilangan romawi

References


Balai Pastaka, 1995,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Yayasan Nusantara

Collin Rose, Malcolm J.Nicholl, 2003, Accelerated Learning For The21Cara Belajar Cepat Abad XXI,Bandung,Nuansa.

Djamarah, Bakri, Syaiful, 1994, Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya, Usaha Nasional

JJ Pasaribu, Moedjiono, 1995, Proses Belajar Mengajar, Bandung, CV. Remaja karya

Jusuf kasrori,dkk, 1991, Interaksi Belajar Mengajar, Metode Pengajaran, Surabaya, University Press IKIP

Melvin L Silberman, 2003, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Bandung, Nusamedia

Moh. Uzer Usman, 2000,Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya

Muhibbin, 1995, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung, Rosdakarya

Noeng Muhajir, 1993, Subyek Didik, Jakarta, Rineka Cipta

Ratna Wilis Dahar, 1988, Teori-teori Belajar, Bandung, P2LPTK

Riduwan, 2003, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Bandung, Alfabeta

Sriyono, dkk, 1991, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, Jakarta, Rineka Karya

Subagyo Rahman. 1984, Belajar, Pembelajaran dan Metode-metode Dalam Pembelajaran, Jakarta, BRI Urusan Pendidikan dan Pelatihan

Sudjatmiko,dkk, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Depdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.