PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PREZI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI DI SMAN 1 PAKEL

Neo Vidiasti


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v3i1.760

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan media interaktif Prezi dengan materi pelajaran Microsoft Excel. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran menggunakan media interaktif Prezi menggunakan metode penelitian Four-D. Pengembangan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Develop (pengembangan), dan tahap Disseminate (diseminasi).

Penelitian ini diambil dari tiga aspek yaitu uji ahli media dan ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, dan uji aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari ketiga aspek tersebut antara lain: (1) uji ahli media 91% dan ahli materi memperoleh nilai 82 % (memenuhi standar kualitas); (2)  uji aplikasi memperoleh nilai 100% (layak digunakan); (3) uji coba kelompok kecil memperoleh 76% dan uji coba lapangan memperoleh 77% (layak digunakan). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan media interaktif Prezi layak digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 21 times
PDF View : 17 times