PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER PADA KELAS X TKJ DI SMK SORE TULUNGAGUNG

panji setyo nugroho


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v3i1.759

Abstract


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dirasa belum optimal kususnya pada penggunaan media pembelajaran. Hal ini terlihat masih sedikit sekolah yang telah memanfaatkan keberadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara baik sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah diperoleh hasil tingkat efektifitas dan motivasi siswa dalam penggunaan media pembelajaran interaktif pada platform android berbasis augmented reality pada pembelajaran pengenalan komponen komputer pada kelas X SMK VETERAN 1 Tulungagung. Pengembangan media pembelajaran pengenalan komponen komputer berbasis Augmented Reality menggunakan metode prototyping yang meliputi tahap pengumpulan data,tahap desain, membangun prototype, tahap evaluasi, dan perbaikan.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil skala “Sangat Layak” dengan presentase 100% pada aspek portability.Hasil uji pada aspek performance efficiency di peroleh hasil skala “Sangat Layak” dengan presentase 88% untuk aspek Usability diperoleh hasil skala “Sangat Layak” dari analisis data dengan presentase 87,9%.Hasil dari uji ahli materi di peroleh skala “Sangat Layak” dengan prsentase 100% untuk hasil dari uji aspek functionality diperoleh hasil skala “ Sangat Layak” dengan presentase 100%.
Kata Kunci : Android, Augmented Reality, Komponen komputer, Media pembelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 35 times
PDF View : 23 times