PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL DENGAN TUTORIAL VIDEO UNTUK MATERI PENGENALAN MICROSOFT OFFICE EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REJOTANGAN

muhammad bayu efendi


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v3i1.758

Abstract


Pembelajaran yang kurang kondusif seperti disebutkan di artikel ini akan berdampak pada gaya belajar siswa. Siswa akan merasa terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi. Siswa akan lebih tertarik dengan lingkungan sekitar yang kiranya lebih menyenangkan. Gaya belajar siswa yang tidak cocok dengan setiap individu akan berdampak pada hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini akan difokuskan pada gaya belajar siswa visual dan hasil belajar dengan memperhitungkan pengaruhnya. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual dengan tutorial video untuk materi pengenglan microsoft office excel terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan.

Metode penelitian ini merupakan metode penelitian expost facto. Penelitian expost facto adalah model penelitian yang kejadiannya sudah terjadi sebelum penelitian dilaksanakan. Peneliti menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana adalah hubungan secara linier antara satu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y), jumlah populasi pada penelitian ini adalah 140 dengan total sampel adalah 35 siswa. Instrument yang digunakan adalah angket, dengan uji hipotesis adalah uji t.

Hasil penelitian ini sesuai dengan perhitungan adalah t hitung 20.237 ≤ t tabel 1.681 dengan nilai signifikan 0.000: maka Ha diterima, Terdapat pengaruh gaya belajar visual dengan tutorial video untuk materi pengenalan microsoft office excel terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan.

 

Kata Kunci: Gaya Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF View : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.