HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGOPERASIKAN VIRTUALBOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI JARINGAN KELAS XI TKJ SMKN 1 KRAS

Tri Pita Rahayu


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v3i1.747

Abstract


Penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Selain kondisi eksternal, keberhasilan belajar juga dipengaruhi oleh minat, intelegensi dan bakat siswa. Dengan minat terhadap suatu hal mengakibatkan timbulnya pengetahuan dan kecakapan atau kemampuan yang mempengaruhi dirinya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap VirtualBox sebagi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara minat siswa dan kemampuan siswa dalam menggunakan VirtualBox sebagai media pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Dalam penelitian ini, sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 88 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dengan variabel bebas Minat Belajar (X) dan variabel terikat adalah Kemampuan Siswa dalam Mengoperasikan VirtualBox (Y).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan VirtualBox sebagai media pembelajaran dapat dikatakan memiliki hubungan yang positif dan signifikan, dimana dari hasil analisis diperoleh rhitung sebesar 0,817 lebih besar dari rtabel yang sebesar 0,176 dengan N=88 serta taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi minat belajar, maka akan semakin tinggi pula kemampuan siswa dalam mengoperasikan VirtualBox.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF View : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.