PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMA NEGERI 1 KALIDAWIR

Mega Ayu Sasmita
Nurna Listya Purnamasari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v2i1.700

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan penggunaan metode pembelajaran edutainment dan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi siswa. Metode pembelajaran Edutainment adalah salah satu dari metode pembelajaran yang sesuai dibandinedutagankan dengan metode pembelajaran konvensional yang masih menggunakan metode ceramah. Metode pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk dapat aktif dan berpikir kritis karena pembelaja-ran tidak hanya berpusat pada guru. Hal itulah yang mendasari penelitian tentang perbandingan kedua metode pembela-jaran ini.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah prestasi siswa kelas XI IPA  pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah metode pembelajaran Edutainment dan metode pembelajaran kon-vensional. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar ob-servasi dan tes prestasi siswa. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis.

Hasil tes pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 86,5. Sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebe-sar 71,9. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan metode pembelajaran edutainment lebih baik dalam prestasi siswa.

Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, hasil uji hipotesis yang didapatkan dengan SPSS Statistic 20 ada-lah nilai signifikasi sebesar 0,000. Dari hasil analisis tersebut  dapat disimpukan bahwa terdapat perbedaan prestasi siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran edutainment dan metode pembelajaran konvensional.

                                                                                                                                                       

Kata Kunci: Edutainment, Konvensional, Prestasi Siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF View : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.