PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK TERHADAP GAYA BELAJAR VISUAL SISWA KELAS X TKI SMKN 1 BOYOLANGU

Mia Haryati Wibowo


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v3i1.696

Abstract


Guru dalam penyampaian materi masih sering menggunakan slide pada PowerPoint dan buku. Di SMKN 1 Boyolangu pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis masih menerapkan media pembelajaran berupa PowerPoint. Dimana para siswa terkadang belum terlalu memahami karena mereka tidak memiliki buku bahan ajar/modul dan hanya mengandalkan slide PowerPoint yang di terangkan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh media pembelajaran menggunakan  flipbook terhadap gaya belajar visual siswa kelas X TKI SMKN 1 Boyolangu”. Tujuan penelitian ini adalah mengetaui pengaruh media pembelajaran menggunakan  flipbook terhadap gaya belajar visual siswa kelas X TKI SMKN 1 Boyolangu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Populasinya adalah kelas X TKI di SMKN 1 Boyolangu lalu sampelnya diambil dari kelas X TKI 1 dan 2 dengan jumlah 72 siswa.

Dari penelitian yang telah dilaksanakan, penggunaan media pembelajaran flipbook terhadap gaya belajar visual siswa tidak dapat memberi pengaruh pada siswa kelas X TKI SMKN 1 Boyolangu. Kesimpulan ini berdasarkan hasil data yang diperoleh dengan nilai thitung = -1,514 dan ttabel = 1,691 dengan taraf signifikan α = 0,05, lalu di peroleh thitung < ttabel atau -1,514 < 1,691 dan bisa di simpulkan bahwa Ho di terima. Kemudian dari kelas eksperimen di dapatkan hasil 13 siswa dengan gaya belajar visual mendapatkan rata-rata presentase sebesar dengan nilai 57,9%. Sementara dari kelas kontrol di dapatkan hasil 23 siswa dengan gaya belajar visual mendapatkan rata-rata presentase sebesar dengan nilai 58,1%. Yang artinya bahwa media pembelajaran menggunakan flipbook tidak mempengaruhi kemampuan gaya belajar visual siswa.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 20 times
PDF View : 22 times