PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU

dini nur apriliani
Vertika Panggayuh


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v2i1.691

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan Peneliti selama melakukan magang di SMK Negeri 1 Boyolangu diperoleh data siswa bahwa minat belajar beberapa siswa masih kurang aktif dikelas dan hasil belajar masih kurang dilihat dari nilai yang didapat dari hasil belajar masih dibawah KKM. Salah satu penyebab utama dari permasalahannya adalah model pembelajaran yang digunakan. Maka peneliti mencari solusi, salah satunya yaitu melalui pendekatan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

               Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis PjBL terhadap minat Belajar dan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis PjBL terhadap hasil belajar. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X RPL dengan jumlah 72 siswa. Dengan sampel 36 siswa dari kelas RPL 1 untuk kelas Eksperimen dan 36 siswa dari kelas RPL 2 untuk kelas kontrol. Teknik sampling adalah Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, angket dan tes.

            Teknik analisis data menggunakan T-test. Hasil perhitungan data minat belajar menunjukan bahwa nilai sig = 0.000 < 0.025 atau  (4.066 > 2.021) dan tehadap hasil belajar Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai sig = 0.000 < 0.025 atau  (6.647 > 2.021) untuk kelas posttest. maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis PjBL terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas X RPL di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.

                                                                                                                                              

Kata Kunci : Hasil Belajar, Minat Belajar, PjBL.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF View : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.