PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI MICROSOFT EXCEL DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

ontik dewi


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1143

Abstract


Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini semakin hari semakin pesat perkembangannya.Perkembangan tersebut disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah lama dimanfaatkan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 yang layak serta memudahkan guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Tulungagung dalam menyampaikan materi. Metode penelitian menggunakan model ADDIE karena produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran bukan rekayasa perangkat lunak. Tahapan dari medode ini adalah tahap  analysis,  design,  development, implementation, evaluation.. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan angket. Data yang di peroleh dari angket ahli materi, ahli media dan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada tahap analysis yaitu melakukan identifikasi kebutuhan berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran. Tahap design menghasilkan user interface serta flowchart yang akan dibuat. Development yaitu tahap pembuatan produk pada adobe flash cs6. Tahap implementation yaitu melakukan uji coba produk oleh ahli media menghasilkan presentasi nilai  90% dengan kualifikasi sangat layak dan presentasi nilai sebesar 95% dari ahli materi dengan kualifikasi sangat layak. Tahap terakhir adalah evaluation melakukan uji coba kelompok kecil memperoleh presentasi sebesar 94% dengan kualifikasi sangat layak , Selanjunya pada uji coba kelompok besar mendapatkan presentasi nilai sebanyak 93% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil diatas, bisa disimpulkan secara  keseluruhan produk yang dikembangkan ini “sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Article Metrics :