PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

Fahrur Rozi
Ayunda Kristari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1561

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMAN 1 Tuungagung yang bertujuan untuk : Mengetahui langkah-langkah pengembangan aplikasi game edukasi berbasis android, dan Mengetahui tingkat kelayakan game edukasi berbsis android yang dibuat. Penelitian pengembangan ini dibuat dengan menggunakan model Prototype, yakni Mendengarkan pelanggan, Merancang dan membuat Prototype, Uji Coba Prototype. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Instrumen pada pengujian produk ini didasari pada empat tahap pengujian berdasarkan aspek functional suitability, portability, usability dan performance efficiency yang sesuai dengan ISO 25010.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase kelayakan nilai rata-rata pada pengujian suitability ahli media 100% yang termasuk dalam kategori sangat layak dan ahli materi 98% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Pada pengujian portability aplikasi game edukasi yang telah dikembangkan dapat di install dan uninstall diberbagai versi OS. Pada pengujian usability mendapat 81% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Pada pengujian performance efficiency aplikasi game fisika ini tidak memakan memori dan CPU yang besar sehingga tidak mengganggu kinerja aplikasi lain

Keywords


Media Pembelajaran, fisika, game edukasi, android

Full Text:

PDF

References


Arief Sadiman. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Iva Riva. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar sekolah. Yogyakarta: FlashBooks.

Handriyanti, E.(2009). Permainan Edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia.

Nazruddin Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Gata, Windu dan Gata, Grace. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Pressman Roger.S.Ph.D, 2002, “Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1”, Yogyakarta : ANDI dan McGraw-Hill Book Co.

Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering : A Practicioner’s Approach, 7th Edition. New York : McGraw-Hill Inc.

Jogiyanto. Sistem Teknologi Informasi. Andi Offset. Yogyakarta. 2003.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Article Metrics :

Abstract view : 66 times
PDF View : 75 times