Papan Akar Pangkat Dua (Papad) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Bagi Siswa Sdn Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro

Anis Umi Khoirotunnisa


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.880

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi akar pangkat dua melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan media pembelajaran PAPad. Kegiatan yang dilakukan adalah (1) memberikan pemahaman tentang belajar matematika yang menyenangkan dengan menggunakan ragam media yang mudah dibuat sendiri oleh siswa (2) melakukan simulasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media PAPad (3) Melakukan pembelajaran yang menyenangkan dengan strategi Active Learning. Kegiatan ini diikuti oleh 20 siswa dan 2 guru kelas di SDN Klepek kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Sebagian besar siswa mampu memahami materi akar pangkat dua dengan baik hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa yang dapat menjawab secara benar soal yang diberikan dengan cepat. Siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran dikelas yang dapat dilihat dari antusiasme siswa terlibat dalam penggunaan media pembelajaran PAPaD. Keberhasilan lain yang dari penggunaan media ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa utamanya pada materi Akar Pangkat dua .

Kata kunci : Media Pembelajaran, Papan Akar pangkat dua, akar pangkat dua.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF (Indonesian) View : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.