Pendampingan Students English Club SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung

YEPI SEDYA PURWANANTI


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v4i2.607

Abstract


Kedudukan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memberikan pengaruh yang besar pada beberapa sektor kehidupan seperti tingkat perekonomian, pendidikan dan kemajuan suatu negara(Aina, Ogundele, & Olanipekun, 2013; Li, 2012; Yan & Cheng, 2015). Seperti yang dijelaskan dalam English as International language bahwa bahasa Inggris telah mencapai berbagai wilayah didunia untuk berbagai macam tujuan (Farzad, 2009). Hal tersebut membuat peran Bahasa Inggris semakin besar dalam berbagai bidang. Fenomena ini telah memunculkan interaksi positif dan juga tekanan lokal maupun global serta implikasi pada bidang bahasa, ideologi, sosiokultural, politik, dan pendidikan. Berangkat dari pernyataan tersebut, penguasaan bahasa Inggris harus dilakukan sedini mungkin untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam proses penguasaan bahasa, terdapat banyak fattor pendukung keberhasilannya. Salah satu factor tersebut adalah lingkungan pebelajar. English Club merupakan salah satu solusi dalam upaya peningkatan kemampuan pebelajar. Oleh karena itu, pembinaan dan pendampingan English club sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. SMA Negeri 1 Kedungawaru sebagai salah satu sekolah menengah atas favorit di Tulungagung juga berupaya untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris siswa dengan membentuk Students English Club yang berorientasi pada peningkatan fluency siswanya. Kegiatan yang dilaksaanakan diluar jam pembelajaran ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI dengan pertemuan setiap sabtu. Beberapa kendala yang dihadapi adalah waktu pelaksanaan yang masih kurang tepat karena beberapa siswa berhalangan hadir karena permasalahan waktu. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini terlihat pada meningkatnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu kemampuan yang dimiliki siswa diluar kurikulum seperti public speaking juga meningkat.

Keywords: Pendampingan, students English club


Article Metrics :

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Brown, James Doan, (1995) The Elements of Language Curriculum: a Systematic Approach to Program Development. Boston, U.S.A: An International Thomson Publishing Company.

Degeng, I Nyoman Sudana, (2013) Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Arasmedia.

Dick, Carey & Carey. (2009) The Systematic Design of Instruction.United States of America: Pearson.Edu

Richey,R.,Klein & Tracey. 2011. The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. New York. Routledge

Sharifian, Farzad (2009). English as International Language. Great Britain: MPG Books ltd.