Bekerja Sama Untuk Menjaga Kebersihan Pantai Wonogoro: Aksi Nyata Untuk Konservasi Bersama LPPM STIE Malangkucecwara dan Mitra Internasional

Sugeng Hariadi
Rina Rahmawati
Evi Maria
Widanarni Pudjiastuti
Dwi Nita Aryani


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v12i1.5533

Abstract


Kebersihan lingkungan pantai merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan pariwisata. Pantai Wonogoro, meskipun memiliki potensi wisata yang besar, masih menghadapi permasalahan terkait sampah organik dan anorganik yang mencemari lingkungan pantai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat STIE Malangkucecwara bekerja sama dengan mahasiswa asing dari International Community Service (ICS) melakukan aksi bersih sampah di Pantai Wonogoro. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan pantai, menanamkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta menjadi contoh aksi nyata dalam pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini, Pantai Wonogoro menjadi lebih bersih dari sampah organik dan non-organik, masyarakat mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan tim pengabdian menyumbangkan 6 tong sampah untuk memudahkan warga dalam membuang sampah. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan area wisata Pantai Wonogoro

Article Metrics :

References


Arisandi, D., & Yusuf, S. (2022). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Pantai Akkarena Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 27-

Hartanti, N. U., & Dewi, H. U. (2021). Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kawasan Pariwisata Pantai Parangtritis. Indonesian Journal of Conservation, 10(1), 1-7.

Iswari, R. D., & Ulfah, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Pengelolaan Sampah Plastik di Pantai Cemara Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1), 42-46.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2021). Pedoman Pengelolaan Sampah Pantai. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nurdalia, I., & Koranti, K. (2021). Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 111-118.

Salim, A., & Taufik, M. (2020). Strategi Pengelolaan Sampah di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Bira. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(2), 335-343.

Susilo, R. K. D., & Wiyono, B. (2021). Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kawasan Wisata Pantai Balekambang, Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 301-309.

Utami, E., & Handayani, S. (2022). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Pasir, Banten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 1-10.

Wulandari, D., Hermawan, R., & Kustiawan, I. (2019). Pengelolaan Sampah Kawasan Wisata Pantai Pangandaran: Partisipasi Masyarakat dan Dampak Lingkungan. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 7(3), 196-

Yuwono, A. S., Rochim, A. F., & Harimurti, S.

M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kawasan Wisata Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 273-280.