Sosialisasi Pendidikan Melalui Kegiatan Parenting Mendidik Anak Era Digital Di Kelurahan Ringinanom Kota Kediri

Novita Happy Nur Laili
Pengageng Arya
Seila Noor Fadilah
Dian Ardi Ansyah
Eky Setyo Rini
Umi Fitriani Fitriani
Nadhif Ridwan Al Mauludin
Anik Lestariningrum


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v12i1.5500

Abstract


Pengandian masyarakat ini ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan anak di era digital dan peran peting  orangtua dalam pertumbuhan anak serta proses pengasuhan orangtua didalam keluarga yang tidak sesuai, hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pemahaman orangtua dalam proses mendidik dan pengawasan anak di dalam keluarga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses perencanaan sosialiasi parenting, 2) mendeskripsikan proses pelaksanaan sosialisasi parenting, 3) mendeskripsikan proses evaluasi sosialisasi parenting. 4) hasil pelaksanaan sosialisasi parenting bagi orangtua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pengelola, pendidik dan orang tua peserta didik yang terlibat dalam pelaksanaan sosialisai parenting di Kelurahan Ringinanom. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari minggu, 18 Februari 2024, bertujuan untuk mengadakan seminar parenting mengenai pengasuhan anak di era digital dengan fokus pada pendidikan karakter bagi orang tua yang tinggal di Kelurahan Ringin Anom, yang dilakukan selama satu hari. Suatu kebutuhan yang paling esensial bagi anak adalah panduan untuk dibimbing yang memungkinkannya belajar sejalan dengan norma-norma sosial yang ada, kondisi keluarga dan pergaulan anak. Masyarakat Kelurahan Ringin Anom merupakan salah satu kelurahan yang ada di kota Kediri pun termasuk kedalam salah satu kelurahan yang terancam dari dampak negatif perkembangan digital bagi proses tumbuh kembang anak. Sedangkan proses tumbuh kembang anak dalam kelurahan Ringin Anom Kota Kediri saat ini sudah mulai stabil. Untuk mempersiapkan tumbuh kembang anak dalam memasuki era digital dengan tepat memerlukan bimbingan orang tua. Dalam keluarga, peranan orang tua sebagai pendidik utama (pertama) sangatlah penting. Mereka memiliki tanggung jawab dan peran tersendiri dalam menjalani peran untuk membimbing perkembangan anak-anak dalam keluarga.


Article Metrics :

References


Adawiyah, R., Asbari, M., & Damayanti, M. S. (2023). Tiga Level Proses Belajar Efektif: Fundamental, Insightful Knowledge, Specific Skill. Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 339–342.

Asbari, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Dosen. Journal Of Communication Education, 13(2), 172.

Asfahani, A., & F. (2020). Pendidikan Anak Supernormal dengan Pendekatan Living Values Education Program (Studi Kasus Kelas Akselerasi MAN 2 Kota Madiun). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 93.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965.

Larasati, A. K., Asbari, M., Pinandita, P. H., & Anggaini, A. D. (2023). (2023). Implementasi Kurikulum yang Memberdayakan Konteks? Journal of Information System and Management (JISMA), 02(05), 23.

Li, X. (2022). (2022). The Influence of Parenting Styles on Social-Emotional Competence of Children. 2022 5th International Conference on Humanities Education and Social Sciences (ICHESS 2022), 1065–1072.

M. Yemmardotillah, R. I. (2021). Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). (2023). ). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information System and Management (JISMA), (05), 31–3.

Nuryanti, Y., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., Fauji, A., Gazali, & Asbari, M. (2020). (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasional Dosen: Analisis Pengaruh Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Kepuasan Intrinsik & Ekstrinsik Dosen. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 561–.

PAUD, D. (2013). (2013). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2011b). Pedoman Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga. . . Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan Nasional.

Primayana, K. H. (2020). (2020). ). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. . . Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321–.

Widyaningsih, N., & Septarianto, T. W. (2023). Parenting Peran Orang Tua di Era Digital. Indonesian Journal Of Community Service, 3(2), 104–109.