Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Botol Bekas di Desa Depok Kecamatan Darangdan Purwakarta

Vika Husnul Aulia
Narkum Narkum
Dyah Wulandari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v12i1.5488

Abstract


Sampah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sampah haruslah diolah dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia. Pada saat ini timbunan sampah kian naik terhitung hasil dari penginputan data yang dilakukan hanya 13,9 ton sampah yang dapat dikelola. Sedangkan sampah yang belum terkelola sebesar 7,2 juta ton sampah. Semakin padat penduduk semakin meningkat pula aktivitas penduduk yang menghasilkan sampah. Tercatat negara indonesia masuk pada salah satu negara penyumbang sampah terlebih sampah rumah tangga. Berdasarkan hal ini peneliti melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat untuk mengurangi sampah melalui pemanfaatan botol bekas di Desa Depok Kecamatan Darangdan Purwakarta. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan seperti observasi, edukasi dan sosialisasi dan pelaksanaan pembuatan kerajinan tangan. Selain itu, pemberdayaan ini juga bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah. Dengan demikian, pemberdayaan manusia dalam pengelolaan botol bekas tidak hanya berkontribusi pada pengurangan limbah plastik, tetapi juga diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat di Desa Depok Kecamatan Darangdan.

Article Metrics :

References


abdul rahmat, m. m. (2020). MODEL PARTICIPATION ACTION RESEARCH pemberdayaan masyarakat. aksara, 5.

Handini, Sri. Dkk. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pengembangan UMKM di Wilayah Pesisir. Surabaya: Scopind Media Utama.

Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2023. 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola-dengan-baik

Yommi dewilda, y. d. (2014). satuan timbulan sampah dan komposisi sampah domestik kabupaten tanah datar. teknik lingkungan , 4.

Zulkifli saputera, D. B. (2019). pemberdayaan ekonomi pemulung melalui daur ulang sampah. ilmiah perlindungan & pemberdayaan sosial , 3.