Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Pengrajin Bambu di Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara

Fransisca Joanet Pontoh
Harni Seven Adinata


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v12i1.5383

Abstract


Penjualan secara konvensional atau sambil menunggu pelanggan datang dan membeli barang yang dijual, sampai saat ini masih terus dilakukan. Hal ini juga terjadi pada pengrajin bambu di Kelurahan Kinilow. Sebelum terjadi pandemi Covid-19, banyak warga sekitar ataupun wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang membeli hasil kerajinan ini. Tetapi dengan adanya pandemi Covid-19 menyebabkan turunnya hasil penjualan. Tentunya hal ini menyebabkan para pengrajin bambu ini harus berusaha melakukan inovasi baik dari produk ataupun strategi pemasaran agar boleh meningkatkan hasil penjualan, karna ini merupakan sumber pendapatan utama keluarga dan juga sebagai penunjang perputaran roda ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru. E-commerce merupakan cara bagi konsumen untuk dapat membeli barang yang diinginkan dengan memanfaatkan teknologi internet. Pemanfaatan teknologi e-commerce dapat dirasakan oleh konsumen, maupun oleh pelaku usaha. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pelatihan pemanfaatan e-commerce kepada pengrajin bambu di Kelurahan Kinilow sebagai pelaku usaha. Kegiatan yang akan dilakukan meliputi pemberian pengetahuan tentang perubahan tren usaha secara elektronik di era industri 4.0, pelatihan pemanfaatan e-commerce untuk penjualan online, dan pendampingan pemanfaaan e-commerce dalam penjualan dimedia sosial, juga pada market place seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, WA dan Facebook. Kegiatan pengabdian ini dapat memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mitra tentang media internet khususnya e-commerce sebagai sarana penjualan / promosi produk yang efektif dan efisien, dapat memanfaatkan berbagai market place berbasis internet sebagai sarana penjualan produk dan meningkatnya omzet penjualan kerajinan bambu yang diperoleh dengan memanfaatkan e-commerce. 


Article Metrics :

References


Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., & Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 357-365

Ahyuna, Hamzah, M., D., dan Najib, M., 2013. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 2, No.1 Januari – Maret 2013, 30-40

Haryanti, Sri. Tri Irianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus,” Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. Vol. 3, no. 1, pp. 8-14, 2011

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15