Peningkatan Literasi Dasar Siswa Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di SMAN 1 Campaka Purwakarta

Dyah Wulandari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i2.4924

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dasar siswa di SMAN 1 Campaka yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan workshop penulisan karya ilmiah. Hal ini didasari pada masalah masih rendahnya literasi dasar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian deskriptif-kuanitatif dimana metode pengabdian menggunakan pendekatan mix method dengan desain Participatory Action Research (PAR). Pertama melakukan pengamatan atas masalah yang terjadi, kedua yaitu menganalisa masalah yang terjadi di SMAN 1 Campaka dan diikuti langkah selanjutnya secara sistematis dengan melakukan tindakan berupa penyusunan materi kegiatan workshop penulisan karya ilmiah di SMAN 1 Campaka dan selanjutnya mengamati peningkatan siswa dalam keterampilan menulis. Dengan adanya kegiatan workshop penulisan karya ilmiah yang dilakukan di SMAN 1 Campaka, kemampuan literasi siswa SMAN 1 Campaka mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan peningkatan antusias siswa dalam menulis karya ilmiah.


Article Metrics :

References


Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning [Improving Narrative Writing Skills Using Audiovisual Media and Quantum Learning Methods]. Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171.

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105–113.

Kebudayaan, K. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. (2018). UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO.

Resnani, R. (2016). Penggunaan Teknik Menulis Semi Terpimpin Untukmeningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 27 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 248–254.

Rosmiati, A. (2017). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. ISI Press.

Sueca, I. N. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Nilacakra.

Wulandari, D. (2022). Analysis of The Reading Interests of Students STAI Dr . Khez Muttaqien. 1(2), 288–295. https://doi.org/10.51773/icobba.v1i2.91

Wulandari, D. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI KEGIATANWORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH DI SMAN 1 WANAYASA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 51–57.

Yusuf, Y., Ibrahim, R., & Iskandar, D. (2017). Keterampilan Menulis: Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Syiah Kuala University Press.