Peningkatan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Melalui Modul Digital STEAMALUS (Steam Local Genius) Magelang

Galih Istiningsih
Dhuta Sukmarani
Arri Widyanto
Puji Rahmawati
Sri Rochmayanti
Nurul Utami Putri


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v12i1.4845

Abstract


Kemampuan kreatif menjadi kewajiban bagi seorang guru dalam proses Pendidikan, terutama dalam membuat modul ajar dalam kurikulum  merdeka. Kreativitas guru sangat penting untukmenciptkan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif terutama era revolusi society 5.0 yang terintegrasi berbasis digital. Sebagai guru, harus memiliki kemampuan merancang  membuat modul ajar digital pada kurikulum merdeka. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkaya dan mengasah kreativitas guru dalam  pembuatan  modul ajar digital  melalui flipbook. Metode pengabdian ini menggunakan  pendekatan berbasis  pelayanan  (service learning) dengan empat tahapan yang berbeda. Subjek dari proyek pengabdian ini adalah guru-guru di SDN Gelangan 3 berjumlah 12 guru. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pembuatan digital sebagai sumber belajar mengalami peningkatan. Selain itu, peserta pelatihan  merasa semangat untuk menginovasi lingkungan hidup dan profesional  di SD.


Article Metrics :

References


Apriyanto, D. (2017). Development of E-Learning Module: Historical Culture Society Based on Local Genius. Jurnal HISTORICA, 1(2), 152–168.

Astari, A. C. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Berbasis Pdf (Modesip) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sdn Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. 2(3), 1417–1441. https://jurnal.widyahumaniora.org/

Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Tidak diterbitkan.

Istiningsih, G., Pd, M., Sobat, D., & Dharma, A. (2023). Pendekatan Steam Terintegrasi Local Genius Magelang.

Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642

Purwati, R., Suranto, Sajidan, & Prasetyanti, N. M. (2019). Problem-Based Learning Modules with Socio-Scientific Issues Topics to Closing the Gap in Argumentation Skills. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(4), 35–45.

Putri Insani, S., Nurmawanti, I., & Hari Witono, A. (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796

Rochmayanti, S., & Istiningsih, G. (2023). Ethnopedagogy-Based Literacy E-Module On Indonesian Learning Subject. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 102. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i1.9265

Saripudin, D., Yulifar, L., & Anggraini, D. N. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Replika Sejarah dan Peta E-Pen Bagi Guru-Guru SMA/MA. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i1.76

Waritsman, A. (2023). Kreativitas Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi Siapo. In Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 2).

Zahro, N. H. (2019). PKM Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Situbondo di SD Islam Al Abror. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/dedication.v3i2.236