Penguatan Ekonomi Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengolahan dan Pemasaran Kripik Ikan

Fujiono Fujiono - [ https://orcid.org/0000-0001-6722-6723 ]
Reny Rosalina Rahmawati - [ https://orcid.org/0000-0002-1203-6073 ]
Muhammad Yasir Zain


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3936

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan dalam pengabdian dengan judul penguatan ekonomi rakyat berbasis kearifan lokal melalui pengolahan dan pemasaran kripik ikan telah dapat menumbuhkan wawasan dan semangat peserta untuk terus berkarya dibidang kewirausahaan. Hal itu dibuktikan adanya perubahan pola pikir para pelaku UMKM, khususnya bagi pelaku kripik ikan. Dimulai dari pengupasan sisik, kepala, dan isi perut ikan yang cukup bersih,  hingga pengemasan dilengkapi dengan label dan Nomor Induk Berusaha  telah cukup menarik banyak pembeli, bahkan pamasarannya juga dilakukan melalui media sosial. Pelaku produksi kripik ikan juga telah mampu memilih bahasa promosi yang cukup menarik pembeli dengan sususan  bahasa yang lugas dan eksplisit, pemuatan informasi yang jelas terkait komposisi, masa expired jika ada, label yang menarik, serta nama produksi usaha tersebut. Para pelaku UMKM di Desa Tlesah khususnya pelaku produksi kripik ikan menyadari hadirnya media sosial sebagai wadah transaksi jual beli yang bisa mengantarkan jualan mereka banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat luas hingga mereka merasakan banyak keuntungan.

Kata kunci: Penguatan, UMKM, Pengolahan, Pemasaran, Kripik Ikan.

Article Metrics :

References


Ariyanti, D., Jos, B., Kumoro, A. C., Prasetyaningrum, A., & Retnowati, D. S. (2022). Penguatan Usaha Mikro dan Kecil Kerupuk Kulit Ikan Cap Mantap di Mlatibaru, Semarang dalam Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal PASOPATI: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(1), 1-11. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/13449

https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2020/10/Buku-Pedoman-Rencana-Aksi-SDGs.pdf

Nugroho, R. H., & Andarini, S. (2020). Strategi Pemberdayaan UMKM di Pedasaan Berbasis Kearifan Lokal di Era Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Bisnis Indonesia, 11(02), 93-109. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1743

Rintayani, U. A., Aulia, A., & Puspitasari, W. D. (2022). Peran Teknologi dalam Menumbuhkan Semangat Berwirausaha untuk Kalangan Pemuda di Desa Selokajang. J-ADIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 81-86. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/3500

Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259-279. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran melalui Media Sosial oleh UMKM di Era Pandemi. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89-96. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i1.590