Pelatihan Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP

Nur Farida
Rahaju Rahaju
Tatik Retno Murniasih
Vivi Suwanti


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3651

Abstract


Program komputer bermanfaat dalam pembelajaran matematika dan dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi bangun-bangun geometri pada bidang datar dan bidang ruang. Oleh karena itu media komputasi sangat dipelukan daam pembelajaran matematika. Salah satu program komputasi yang bermanfaat membantu mempermudah siswa dalam memahami dan membentuk gambar geometri yaitu melalui aplikasi Geogebra. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan Geogebra dalam membentukgambar geometri yang lain pada bidang datar dan bidang ruang di SMP PGRI 02 Singosari. Pelatihan ini dilakukan pada bulan Oktober 2022 bertempat SMP PGRI 02 Singosari. Metode yang digunakan: presentasi, praktik, demonstrasi. Selanjutnya dilakukan pendampingan di sekolah tempat peserta pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pengabdi, dapat dilihat bahwa sebanyak 85% siswa di SMP PGRI 02 Singosari telah mampu menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan membentuk gambar geometri pada bidang datar dan ruang dengan menggunakan program aplikasi geogebra terjadi peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan program Geogebra.

Kata-kata Kunci: Pelatihan Media Geogebra, Pemanfaatan Matematika, Bentuk Geometri

Article Metrics :

References


Dahar, Ratna.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Erlangga. Fried, Carrie B. 2006. In-class Laptop Use and Its Effects on Student Learning. Journal of Computers & Education, 21(8), 541 - 548.

Salih, Rakap. 2010. Impacts Of Learning Styles And Computer Skills On Adult Students Learning Online. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol 9, Issue 2.