Meningkatkan Minat Belajar Keagamaan Melalui Media Pembelajaran POP UP BOOK di TPQ Al-Azzakiyah Pulogedang

Rina Dian Rahmawati
Rappe Rappe
Nuryani Nuryani
M. Afi Ziaul Haq
Nindy Khoirin Nisa
Feri Kusmanto


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3633

Abstract


Media pembelajaran berbasis Pop Up Book bertujuan untuk: (1) Membantu mengoptimalkan pembelajaran di TPQ mengenai media pembelajaran yang inovatif. (2) Meningkatkan minat belajar pada murid. (3) Meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up, sementara metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan Service Learning (SL), dan hasil yang dicapai dalam kegiatan penerapan media pembelajaran pop-up book yaitu berupa pemahaman siswa siswi TPQ Az-Zakiyah terhadap materi dasar tajwid, thaharah, dan sholat, dalam kegiatan ini meyimpilkan bahwa berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat Unwaha dalam program meningkatkan minat belajar keagamaan melalui media pembelajaran pop-up book yang dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Mengoptimalkan dan meningkatkan pengembangan pada media pembelajaran yang digunakan di TPQ Az-Zakiyah. (2)Meningkatkan minat belajar siswa-siwi TPQ salah satunya yakni menggunakan media pop-up book. (3)Memberikan wawasan dan pengetahuan baru mengenai suatu alat media pembelajaran yang inovatif serta interaktif dengan pembahasan materi atau isi buku yang lebih mudah dipahami.


Article Metrics :

References


Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38-41.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar, cet. II. Bandung: PT. Refika Aditama

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Wonoseputro, C. (2014). Pengembangan desain zona taman bermain PAUD Baithani Tengger di Desa Tutur, Nongkojajar–Pasuruan SebagaI Kegiatan Service Learning Mata Kuliah Arsitektur Anak. SHARE:" SHaring-Action-REflection", 2(1), 1-9.

Sinurat, M., & Syahputra, E. (2015) Pengembangan Media Pembelejaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Medan, Vol. 12 No. 2.

Dzuanda, B. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop – Up Tokoh – Tokoh Wayang Seri “Gatotkaca” (Tugas Akhir). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.