Pemanfaatan Era Digitalisasi Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Di Desa Bendoagung Kampak Trenggalek

Khusnul Mufidati
Agus Eko Sujianto


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.3617

Abstract


Abstrak

Era digitalisasi merupakansebuah zaman serba digital, segala sesuatu dapat kita lakukan dengan bantuan digital, dengan internet kita bisa mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Dalam hal pemasaran akan menjadi lebih mudah jika menggunakan bantuan digital. Konsumen tidak perlu bersusah payah untuk menemui penjual dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. UMKM Bendoagung tidak hanya cukup berbekal skill dan kreatifitas dalam menjalankan produksi. Namun mereka juga harus mahir dalam pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan wawasan terkait pemasaran digital. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan UMKM Bendoagung mampu mengembangkan diri dalam bidang pemasaran digital. Diawali dengan mencoba beberapa media social yang mereka punya seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram, dan nantinya lambat laun akan merambah pada social media yang lain dan juga marketplace.

Keyword: Era digitalisasi, pemasaran produk, UMKM


Article Metrics :

References


Angkasawati, Devi Milasari, 2021, Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung di Pasar Tradisional Boyolangu kec. Boyolangu Tulungagung, Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Volume 14 No 1

Ayyub, Nurhasanah, 2019, Perilaku Ekonomi Pedagang Pasar Tradisional Kaitannya Dengan Keberadaan Pasar Modern Di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Setiawan. Wawan. 2017. Era Digital dan Tantangannya. Prosing Pendidikan .978-602- 50088-0-1. UPI Press.

Sejarah Desa, 2017, https://bendoagung-kampak.trenggalekkab.go.id/first/artikel/2 di akses 2 November 2022 pukul 21.50 wib

Shobirin, 2015, Jual Beli pada Pandangan Islam, Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Volume 3 No 2

Hadi, Noor, 2017, Bentuk Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Mendukung E-Commerce usaha kecil dan menengah, Volume 5 Nomor 2