Upaya Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Sosialisasi Perizinan dan Branding Produk di Desa Selokajang Kecamatan Srengat

Pipit Septikasari
Nabella Sandi
Nabella Sandi
Filda Febrinita


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.3501

Abstract


Desa Selokajang merupakan desa yang sebagian besar warganya memiliki mata pencaharian sebagai pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Salah satu UMKM yang terdapat di Desa Selokajang yaitu UMKM budidaya jamur. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh informasi bahwa pelaku UMKM mengalami kendala yaitu kurangnya daya tarik pada produk usaha karena belum memiliki nama merek dan produk usaha yang dihasilkan masih belum memperoleh perizinan dari pemerintah. Bagi pelaku UMKM, nama merek dan perizinan memiliki pengaruh besar guna meyakinkan para konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengadakan kegiatan sosialisasi perizinan dan branding produk untuk UMKM. Dengan adanya sosialisasi ini pelaku UMKM di Desa Selokajang menjadi lebih memahami proses perizinan dan branding produk guna meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk. Selain itu, peran dari sosialisasi perizinan dan branding produk dapat memberikan ilmu baru bagi pelaku UMKM dalam memahami mekanisme perizinan dan tata cara branding produk dengan benar guna meningkatkan kualitas produk dan menunjang proses produksi. Hasil dari sosialisasi ini adalah para pelaku UMKM tertarik untuk menciptakan nama merek produk yang inovatif, mendaftarkan perizinan usaha mereka guna memperluas pemasaran, serta membuat produk berhasil diterima dan mampu bersaing di pasaran.

Kata kunci: Perizinan; branding produk, UMKM


Article Metrics :

References


Basamalah, M. R., P, A. B., Mutmainah, A., Ramadhania, A., Ulya, H. L., Mariska, A., & Mayangsari, D. (2021). Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding dan Inovasi Produk Kripik Gadung Guna Meningkatkan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 210215. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13497

Fadilah, T. N., Fitriyani, Y., & Pudail, M. (2021). Sosialisasi Pembuatan NIB Kepada Pelaku UMKM di Dusun Kalangan, Candisari, Secang. Khidmatan, 1(2), 175182.

Hafni, R., & Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 15(2), 7796. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/1034/pdf_58.

Jupri, A., Prasedya, E. S., Rozi, T., Septianingrum, N., Difani, I., & Sarjoni. (2021). Pentingnya Izin PIRT terhadap UMKM di Kelurahan Rakam untuk Meningkatkan Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 162166. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1046

Komalasari, E., Widiawati, D., & Puteri, N. E. (2021). Pendampingan Pengurusan P-IRT UMKM Pangan di Desa Cikidang, Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 915. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.476

Putra, C. A., Aprilia, N. N., Sari, A. E. N., Wijdan, R. M., & Putri, A. R. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Pengembangan UMKM di Kelurahan Tlumpu Melalui Online Single Submission (OSS). I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 149157. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1397

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi Membangun Branding bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125136.

Wibowo, A. P. S. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Paska Berlakunya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Jurnal Budget, 7(1), 7695. https://berkas.dpr.go.id/puskajianggaran/jurnal-budget/public-file/jurnal-budget-public-14.pdf#page=90.

Yusli, Y. N., & Falahi, A. (2022). Sosialisasi Kemasan Produk Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing bagi UMKM di Desa Firdaus. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 31093114.