Peran Teknologi Dalam Menumbuhkan Semangat Berwirausaha Untuk Kalangan Pemuda di Desa Selokajang

Ulvi Anisa Rintayani
Afidatul Aulia
Wahyu Dwi Puspitasari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.3500

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari kegiatan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan kepada para pemuda yang belum memahami manfaat teknologi untuk berwirausaha guna meningkatkan perekonomian. Ditengah perkembangan teknologi, para pemuda berkeinginan membangun jiwa berwirausaha agar dapat membuat ide atau inovasi baru dan kemudian dikembangkan dalam bentuk usaha. Teknologi digunakan untuk membantu para wirausaha dalam mengembangkan bisnisnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan merupakan sebuah metode yang bertujuan memaparkan situasi atau peristiwa dalam kegiatan. Pemateri dari kegiatan ini adalah Bapak Yufi Priyo Sutanto, S.T., M.M yang merupakan pakar digital marketing. Peserta kegiatan adalah karang taruna, Gerakan pemuda desa selokajang, dan ibu-ibu muslimat NU. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya tambahan pengetahuan pada pemuda terhadap cara promosi melalui media social. Dalam penggunaan media social sebagai media promosi yang harus dilakukan pertama kali adalah memperbanyak pertemanan. Selain itu mengawali bisnis dengan media social perlu memperjelas informasi yang ada di media sosialnya. Dan yang terakhir untuk produk seperti senapan pemasaran dengan media social whatsapp business yang lebih aman dan terhindar dari pemblokiran.

Kata kunci: Generasi Muda, Semangat Kewirausahaan, Peran Teknologi.

Article Metrics :

References


Gunawan, A., & Hazwardy, D. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika Upgris, 2(1), 4555. https://doi.org/10.26877/jiu.v2i1.1067

Muttaqin, Z. (2011). Facebook Marketing dalam Komunikasi Pemasaran Modern. TEKNOLOGI, 1(2), 103109.

Netrawati, I. G. A. O., Nuada, I. W., Suastina, I. G. P. B., Oktiani, A., Suharti, Fitri, S. M., Maryanti, S., & Faezal. (2022). Pengenalan Bisnis Digital Bagi generasi Muda dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa MA Ishlahul Athfal Rumak. Hospitality, 11(1), 229236.

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 47. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.19

Rini, M. N. A., & Shihab, M. R. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM. JUTEI: Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125

Rukmana, A. Y., Harto, B., & Gunawan, H. (2021). Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Techopreneurship) dan Perasn Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), 13(2), 96110.

Rusdiana, H. A. (2013). Kewirausahaan Teori dan Praktik. In Pustaka Setia. Pustaka Setia.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 02(01), 7175. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suparno, O., Hermawan, A., Syuaib, M. F., Nugroho, E., & Anggraeni, E. (2013). Peningkatan Minta dan Kemampuan Technopreneurship melalui Workshop Satu Hari. Konferensi Nasional Inovasi dan Technopreneurship, 1819.

Taqiyya, R., & Riyanto, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook dan Whatsapp untuk Memperluas oleh Wafipreneur di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, 2(10), 810823.