Aplikasi Teknik Manufaktur Untuk Perawatan Dan Reparasi Kerusakan Peralatan Pertanian Jenis Mesin Perontok Padi

Agus Susanto
Darma Arif Wicaksono
Bi Asngali
Noorsakti Noorsakti Wahyudi
Ramadhana Eka Wicaknono


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.3432

Abstract


Kebutuhan mekanisasi pertanian memiliki manfaat strategis yang meliputi peningkatan produktivitas, efisiensi proses yang berarti bahwa penggunaan mekanisasi pertanian dapat meningkatkan efektivitas proses yang berdampak pada penurunan waktu dan penurunan biaya produksi, peningkatan kualitas dan pembentukan nilai tambah, dan peningkatan pendapatan yang merupakan kontribusi penurunan biaya produksi. Sehubungan dengan beberapa hal di atas maka peralatan pertanian seperti mesin perontok padi, traktor tangan, mesin traktor, mesin pemipil, mesin penggiling, dan lain sebagainya adalah salah satu penunjang dalam proses pengolahan tanah pertanian dan hasil pertanian sehingga memperoleh waktu pengolahan yang singkat namun memperoleh hasil yang maksimal. Namun bila peralatan pertanian mengalami kerusakan, maka waktu pengolahan menjadi lebih lama. Dalam menunjang operasional suatu peralatan, maka diperlukan pengetahuan tentang perawatan dan perbaikan dari peralatan tersebut sehingga berfungsi secara maksimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan teknik manufaktur kepada petani di Dusun Pathok, Kabupaten Madiun agar dapat merawat dan memperbaiki alat pertanian berupa mesin perontok padi. Dengan kegiatan ini, masyarakat petani dapat memperoleh pengetahuan tentang perawatan dan perbaikan peralatan pertanian yang selanjutnya dapat menunjang pengolahan saat panen, menghemat waktu, dan biaya. Awalnya, mitra diberi pengetahuan tentang teknik perawatan dan teknik reparasi yang meliputi teknik pengelasan logam tipis, reveting, pengecatan, penggerindaan. Kemudian, intruktur bersama mitra mengobservasi komponen yang memerlukan perawatan, rusak ringan, dan komponen yang perlu diganti. Selanjutnya mitra dapat memperbaiki mesin perontok padi milik mereka yang saat ini mengalami kerusakan.

Article Metrics :

References


serafica gischa, Indonesia Sebagai Negara Agraris, Apa artinya?, Kompas.Com. 2019. [Online]. Available: https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/12/172322669/indonesia-sebagai-negara-agraris-apa-artinya?page=all

A. Jalil, 21.000 HA Lahan Pertanian di Madiun Tidak Boleh Dibangun Pabrik, Solopos.com, 2019.

A. Susanto, F. Majedi, A. Kudhori, W. Pribadi, and R. E. Wicaknono, Diseminasi Mesin Perontok Padi Portable untuk Membantu Panen Petani pada Lahan Sulit Terjangkau, J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, pp. 16, 2022.

R. Nur, M. A. Suyuti, and Apollo, Pelatihan Perbaikan/Perawatan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) pada Kelompok Tani Lembah Kalajong Desa Bonto Birao, Pros. Semin. Has. Pengabdi. 2018, vol. 2018, pp. 2631, 2018.