Pendampingan Pengenalan dan Penyuluhan Metode Belajar Menyenangkan (Fun Learning) Berbahasa Inggris di Kelurahan Pejambon Kabupaten Sumber Kecamatan Cirebon

Amalia - Khoiriyah
Darwan Darwan


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.3371

Abstract


Fun learning merupakan strategi dalam mengajar dimana suasana dalam mengajar dikondisikan nyaman sehingga siswa dapat berkonsentrasi penuh pada proses pembelajaran. Fun learning dipilih sebagai metode belajar karena selama masa pandemi Covid-19 ini minat belajar anak-anak cendrung menurun sehingga diperlukan upaya untuk mengoptimalisasi minat belajar anak. Pembelajaran menyenangkan atau yang sering dikenal dengan istilah Fun Learning sepertinya dapat menjadi solusi yang tepat bagi pendidikan Indonesia. Menurut The Answer Sheet Fun Learning adalah pembelajaran menyenangkan yang diberikan oleh guru kepada siswanya agar siswa menikmati materi yang dipelajari sehingga mereka mau belajar. Menurutnya menyenangkan disini bukan berarti hiburan atau ketololan, melainkan kenikmatan dalam belajar. Fun learning adalah pembelajaran yang dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan, dan tidak membosankan. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk anak menjadi pribadi yang semakin termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak.

Article Metrics :

References


Syahid, A. A. (2019). Gembira bersekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, p. 006).

Aas, S. S. 2018. Teori-teori Pendidikan dalam Al Quran. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 07, No. 1

Asmani, J.M. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangakan). Jogjakarta: DIVAPress.

Darmasyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyani, Y., Wati, R., Agustina, S., Mardiani, D., & Anissa, N. (2021). FUN LEARNING AND GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 3(1), 72-78.

Wulanjani, A. N. (2016). The Use of Vocabulary-Games in Improving Childrens Vocabulary in English Language Learning. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 76-83.

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95-105.

https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/09/24/pembelajaran-bahasa-inggris-asyik-dengan-fast-and-fun/

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-fun-learning-metode-belajar-yang-menyenangkan-untuk-anak

https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/4490/4286