PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI DAN VOLUME PENJUALAN PRODUK HANDY CRAFT UKM MELALUI PEMBINAAN LEGALISASI PRODUK DAN MANAJEMEN KUALITAS PRODUK

Mohammad Hasib


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v2i2.311

Abstract


Faktor dominan yang menjadi permasalahan pada mitra yaitu sentra Usaha Kecil Menengah yang memproduksi
makanan ringan tradisional yaitu dalam melakukan usahanya produk tersebut belum legal, belum diberi la-
bel/merk produk dagang, sehingga makanan Handy Craft tersebut sulit dikenal konsumen/kalangan masyarakat
luas. Selain itu, kendala lainnya dari kegiatan memproduksi makanan tersebut adalah belum adanya manajemen
dalam pengelolaannya, sehingga produk tersebut belum mempunyai kualitas yang baik, hanya dijual/dipasarkan
secara terbatas pada kalangan tertentu saja misalnya di tetangga sekitar, teman kantor dan On line melalui
Facebook, BBM dengan harga relatif menangah. Kegiatan ini dalam rangka upaya memberikan alternative so-
lusi permasalahan yang dihadapi mitra yakni produk handy craft dengan menghasilkan produk yang bermerek
dan legal, upaya penjualan yang optimal, dan manajemen kualitas produk yang baik, sehingga dapat meningkat-
kan volume penjualan sehingga berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan mitra. Luaran yang diharapkan
dapat terwujud dari kegiatan ini adalah : (1) Produk handy craft yang dihasilkan mitra menjadi bermerek dan
legal atau memiliki dasar hukum yang bisa dipertanggungjawabkan, (2) Terciptanya produk handy craft dari
mitra yang berkualitas dan dapat bersaing dengan kompetitor (3) Meningkatknya volume penjualan produk
handy craft dari mitra
Kata Kunci: Produk Handy Craft Legalisasi Produk, Manajemen Kualitas, Peningkatan Penjualan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 56 times
PDF (Indonesian) View : 141 times