Pelatihan Kognitif Wirausaha Muda Muslim UIN Satu Tulungagung

Agus Sujianto
Dwi Orbaningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i1.3036

Abstract


Pelatihan ini terselenggara untuk mendorong perbaikan kinerja ekonomi daerah dan nasional melalui penguatan kognisi wirausaha. Memang tidak bisa dielakkan bahwa motivasi wirausaha bisa saja berangkat dari lingkungan dan keturunan, tetapi aspek pendidikan yang diperluas dalam bentuk pelatihan-pelatihan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Pengetahuan atau kognisi wirausaha salah satunya, dimana mindset wirausaha mahasiswa bisa saja terbangun dari pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban perguruan tinggi yaitu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah pada program pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Magister Ekonomi Syariah sebanyak 40 orang. Berdasar hasil pengamatan pada waktu pelatihan menunjukkan bahwa mahasiswa proaktif dalam mengikuti kegiatan yang ditandai oleh partisipasi aktif dalam tanya jawab. Kemudian, hasil pelatihan menunjukkan terjadinya peningkatan animo mahasiswa untuk berwirausaha baik wirausaha yang berbasiswa perencana bisnis maupun bisnis rumah tangga yang relatif tidak memerlukan perencanaan bisnis yang detail atau terperinci.


Article Metrics :

References


ADB. (2021). Key Indicators for Asia and the Pacific 2021

Asian Development Bank (ADB). Anonymous. (2019). Nota Dinas Kepala Departemen Pengawasan IKNB 1A.

Bosma, N., Hill, S., Ionescu-Somers, A., Kelley, D., Guerrero, M., & Schott, T. (2021). 2020/2021 Global Report. In Global Entrepreneurship Monitor. London

BPS. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2019-2021.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). PENGARUH SIKAP MANDIRI, MOTIVASI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan).

Husna, A. N. (2020). Memetakan Kognisi Wirausaha: Konseptualisasi dan Potensi Riset di Indonesia. The 11th University Research Colloquium 2020 Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Kemendagri. (2018). Modul Rencana Bisnis BUMD Air Minum. Dirjen Bina Keuangan Daerah Direktorat BUMD , BLUD Dan Barang Milik Daerah. Mankiw, N. G. (2018).

Mintardjo, C. M. O., Sudiro, A., Rahayu, M., & Sudjatno. (2019). Evolusi Usaha Kewirausahaan: Startup Dari Masa Lalu Sampai Ke Masa Depan.

Mudjahidin. (2005). Perencanaan Bisnis: Organisasi, Lingkungan Bisnis, Manajemen, dan Sumber Daya Manusia.

Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start Up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda.

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). POJK Nomor 15/POJK.03/2021 tentang Rencana Bisnis Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

Ramadhan, A., & Supriyatna, E. (2020). Rencana Bisnis (Business Plan).

Suksmonohadi, M., & Indira, D. (2020). Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19.

Supriyanto. (2009). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha.

Winarti, A. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.