Pola Pendidikan Anak Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Era Digital

Septi Rostika Anjani
Neneng Tita Amalya
Endah Mawarni


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i1.3008

Abstract


Keluarga sebagai fokus pembentukan karakter anak perlu mengembangkan pola asuh atau pola interaksi yang edukatif dan efektif. Pola asuh yang dilakukan orang tua terhadap anak bertujuan untuk melayani kebutuhan fisik dan psikologis anak. Selain itu, pola asuh tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk sosialisasi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat supaya anak-anak dapat hidup selaras dengan lingkungannya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan bersama Tim Dosen Universitas Pamulang dengan TPQ/TPA Yayasan Al-Mukhlishin Peduli Umat dengan tujuan untuk berbagi ilmu, berbagi pengalaman dan menebarkan semangat dalam mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan bertakwa dalam menjalankan kehidupan sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan seminar, dimana narasumber juga berinteraksi langsung dengan peserta, sehingga peserta yang hadir merasakan manfaat langsung dan mendapatkan wawasan bagaimana membentuk pribadi anak yang baik mulai dari usia dini. Agar anak dapat membentengi diri dari pengaruh buruk lingkungan dan tetap berperilaku baik sesuai ajaran agama (Al-Quran).


Article Metrics :

References


Anisah, Ani Siti. 2011. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 5 (1): 7084.

Departemen Agama RI, Pedoman Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar dan Menengah (SD, SMP, SMA, dan SMK) Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tahun 2007, hlm. 2.

Earl V. Pullias and James D. Young. 2002. A Teacher is Many Things, (USA: Fawcelt, 2 11 Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.

E. Mulyasa. 2008. Implementasi KTSP, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Ed. I. Cet. I. Jakarta: Bumi Karsa

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia.Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hasibuan, Malayu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

H.Rekno, P.Imaniar, S. Deka, 2020, Tipe Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga, Jurnal Kependidikan, Vol.11 Nomor 1, Universitas Mutiara Kudus, Indonesia http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Hurlock, B. Elisabeth. 2000.Perkembangan Anak, Edisi IV. Jakarta : Erlangga..

Kamus Besar Bahasa Indonesa versi online. Pengertian Orang Tua. https://kbbi. web.id/orang- tua. Diunduh tanggal 20 Maret 2022

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Seri Pendidikan Orang Tua:Mendidik Anak di Era Digital, Cet. I. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Juli 2016.

Mulyono. 2016. Peran Pendidikan Keluarga di Era Digital. http://jateng.tribunnews. com/2016/04/12/forum-guru-peranpendidikan-keluarga-di-era-digital. Diunduh tanggal 20 Maret 2022.

Shocib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.Samsunuwiyati. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Erlangga

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

Winarti. 2019. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi Di Ra Al Karimy Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto). Proceedings International Conference on Islamic Education (AICIEd) 2019, 261-70.

Yeni, Rahmawati, et al. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: kencana