Pembuatan Mural Kesehatan Dalam Rangka Pemutusan Mata Rantai Covid-19 di Kelurahan Ngagelrejo Surabaya

Alminanda Satrio
Eva Nuzilatur Rahmah
Asiqotul Khusniyah
Amania Nazilah
Erlina Windy Ayu S.
Yehezkiel B. P. R.
Ahmad Reza Pahlefi
Firman Darmawan
Rachmad Akbar Adi M
M. Sulaiman Jazuly
Lydia Lia Prayitno


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i1.2694

Abstract


Mural adalah lukisan pada dinding untuk mengungkapkan sesuatu dan sebagai ekspresi artistik. Umumnya, masyarakat menganggap mural adalah sebuah tindakan yang negatif, padahal mural mampu memberikan aspek positif. Saat ini, pandemi Covid-19 masih menjadi problematika di masyarakat sehingga perlu mengedukasi masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat di kelurahan Ngagelrejo, kecamatan Wonokromo, Surabaya tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19. Solusi yang ditawarkan oleh tim KKN Universitas PGRI Adi Buana Surabaya di kelurahan Ngagelrejo yaitu melalui pembuatan mural. Mural kesehatan di kelurahan Ngagelrejo efektif untuk menyematkan pesan kepada masyarakat umum yaitu tetap mengingat adanya kasus pandemi Covid-19. Media mural sesuai untuk menyampaikan pesan kepada khalayak karena sebagai bentuk komunikasi lain untuk mempengaruhi dan menumbuhkan hasrat masyarakat setempat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan memiliki kesadaran untuk mengikuti program vaksin dari pemerintah.

Kata kunci: mural, kesehatan, covid-19.

Article Metrics :

References


Cindana, & dkk. (2021). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Kali Melalui Ilustrasi Mural. journal.untar.ac.id, 71.

Fachmi Ramadani, H. S. (2018). Pesan Sosial dalam Seni Mural di Kota Samarinda . Jurnal Ilmu Komunikasi, 623.

Levani, Y., & dkk. (2021). Coronavirus Disease 2019 (covid-19): Patogenesis, Manifestasi, Klinis, dan Pilihan Terapi. Kedokteran dan Kesehatan, 46.

Putra, G. L. A. K. & Putra, I, G. J. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat dengan kegiatan Mural untuk Mempercantik Lapangan Astagina, Padangsambian KLOD. Jurnal Lentera Widya, 2(1), p. 29-35

Thamrin, N. H. & Noviana, M. (2020). Pendampingan Pembuatan Mural sebagai Upaya Perbaikan Visual Kawasan Loa Buah, Samarinda. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), p. 91-99.

Wahidah, I., & dkk. (2020). Pandemik Covid-19 : Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Manajemen dan Organisasi, 180-181.