Pendampingan Kelompok Belajar Bagi Siswa TK SD di Kelurahan Ngagelrejo Surabaya Dalam Rangka Persiapan PTM

Diyah Ayu Setiyorini
Muhammad Fahmi Amrullah
Nur Ike Saraswati
Salsabila Dwi Kartikasari
Laila Laiqoh
Shangrila Fitri Amin
Viranda Evi Rahmawati
Diki Darmawan
Nurul Islamiah
Wenda S
Sprianus Rinaldi
Lydia Lia Prayitno


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i1.2692

Abstract


Pendampingan belajar merupakan salah satu bentuk kontribusi kelompok mahasiswa KKN Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam rangka pengabdian masyarakat untuk bidang pendidikan. Tujuan kegiatan ini sebagai sarana mahasiswa untuk berkontribusi menyalurkan ilmu yang didapat selama perkuliahan, serta kepedulian yang dimiliki terhadap anak-anak yang sedang menjalani peralihan dari pembelajaran daring menjadi tatap muka. Kegiatan ini berkontribusi dalam membantu para orang tua dalam mendampingi anaknya untuk mengikuti pembelajaran secara daring, PTM terbatas, dan juga untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak. Kegiatan ini melibatkan anak-anak mulai dari tingkat TK sampai SD yang bertempat tinggal di sekitar Taman Baca Masyarakat, RW 05 Kelurahan Ngagelrejo. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara tatap muka terbatas sesuai dengan protokol kesehatan. Hasil kegiatan menunjukan anak-anak di wilayah RW 05 merasa terbantu dengan adanya program pendampingan kelompok belajar bersama. Selain itu, anak-anak menunjukan sikap antusias dan lebih termotivasi dalam belajarnya. Perlunya perbaikan dalam kegiatan belajar bersama berupa penentuan pendampingan untuk anak yang berkebutuhan khusus dan anak yang bersikap hyperactive, sehingga pelaksanaan pendampingan kelompok bimbingan belajar bersama akan berjalan lebih baik.

Kata kunci: belajar bersama, pendampingan, anak, motivasi.

Article Metrics :

References


Hidayatullah, A. (2017). Pendampingan Pendidikan Anak di Kelurahan Genteng Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 45-51.

Lestari, I. P., dkk. (2021). Pendampingan Siswa pada Program Belajar Dari Rumah untuk Membangun Semangat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, Vol. 2, No. 1, 12-17.

Prabowo, G.A. & Noranita, B. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peminatan Peserta Didik Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Web (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Purwodadi Grobogan). Universitas Diponegoro. Jurnal Masyarakat Informatika, Vol. 6, No. 2, 27-36.

Putria, H., dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 4, p863.

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam RT.31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, Vol. 2 No. 2, 13-19.

Santoso, A. & Yunni, R. (2019). Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya, 2 (2), 36-43.

Supriyadi. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Wulandari, Diana. (2016). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, Vol 6(2), 851-856.