Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Information, Communication, Ann Technology (ICT)

Dona Fitriawan
Agung Hartoyo
Hamdani Hamdani
Bistari Bistari
Dede Suratman
Dian Ahmad BS


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.2535

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah mengembangkan suatu produk berupa media pembelajaran matematika berbasis ICT. ICT merupakan suatu program, untuk alat bantu, manipulasi, dan menyampaikan informasi. Media pembelajaran matematika berbasis ICT yang dimaksud adalah media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ICT pada mahasiswa di STKIP Melawi. Bentuk PKM ini adalah Workshop atau pelatihan tentang pengembangan media pembelajaran berbasis ICT di STKIP Melawi. Metode pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT meliputi: 1) perencanaan pembelajaran, 2) pemilihan media pembelajaran ICT, 3) penggunaan media pembelajaran ICT, dan 4) evaluasi media pembelajaran ICT. Rencana Kegiatan PKM ini adalah: 1) Persiapan: penetapan tempat dan memperoleh ijin pelaksanaan, dan media pembelajaran yang akan dikembangkan; 2) Pelaksanaan: melaksanakan workshop, analisis hasil tes, dan pendampingan penyusunan media pembelajaran matematika berbaisis ICT, pelaksanaan workshop di kelas; 3) Akhir: Penyusunan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Luarannya adalah Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT. Hasil PKM ini adalah terlaksananya kegiatan Workshop Media Pembelajaran berbasis ICT sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dan terjalinnya kuliah kunjungan (Visiting Lecture) dengan STKIP Melawi.

Kata kunci: Workshop, Media Pembelajaran Matematika, ICT


Article Metrics :

References


Abdul, W. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 111.

Haviluddin. (2010). Active Learning berbasis Teknologi Informasi (ICT). Jurnal Informatika Mulawarman Jakarta, 5(2), 57.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muhammad, H., Rahim, Y., Pendidikan, J., Islam, A., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Btn, A. :, & Makassar, A. (2011). Pemanfaatan Ict Sebagai Media Pembelajaran Dan Informasi Pada Uin Alauddin Makassar. 6(3), 127135. http://yahoo.com

Setyono, T., & Afri, L. E. (2011). Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Mene. 110.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(1), 6.