Peningkatan Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Pembuatan Kerajinan Bunga Dari Bahan Dasar Sabun Mandi di Desa Kedaton Kecamatan Kapas.

Rika Pristian Fitri A
Ali Mujahidin
Meiga Ratih T.
Siti Ermawati
Putri Novitasari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v9i2.2373

Abstract


Kegiatan ekonomi kreatif merupakan salah satu upaya peningkatan pendapatan rumah tangga dengan cara halal. Salah satu kegiatan ekonomi kreatif adalah membuat kerajinan bunga dari sabun mandi. Tujuan dilakukan program pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan masyarakat desa Kedaton dalam membuat kerajinan bunga dari bahan dasar sabun mandi sehingga dapat meningkatkan nilai ekonominya. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi melalui metode ceramah, dan diskusi. Selain itu juga dilakukan demonstrasi pembuatan Bunga dari bahan dasar sabun mandi kepada ibu rumah tangga secara langsung. Pelaksanaan pelatihan ini ada beberapa tahap yaitu tahap persiapan, sosialisasi, simulasi, dan pelatihan pembuatan bunga. Pelatihan pembuatan kerajinan bunga dari bahan dasar sabun mandi dilakukan di rumah warga Desa Kedaton, pada hari selasa tanggal 13 Juli 2021 dan hari rabu tanggal 14 Juli 2021. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 15 peserta yang terdiri dari ibu rumah tangga desa Kedaton. Hasil dari pelatihan ini yaitu peserta mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam membuat kerajinan bunga dari bahan dasar sabun mandi. Selain itu, peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dan mereka berniat akan mengaplikasikan dalam kehidupan sehingga dapat membantu peningkatan perekonomian keluarga mereka. Adapun manfaat dalam pelatihan ini yaitu menghasilkan karya berupa bunga mawar dan bunga lili dari bahan dasar sabun mandi.

Keywords: Ekonomi kreatif, Kerajinan bunga dan Sabun mandi

Article Metrics :

References


Fatoni, R. & Fatimah, S. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Sabun Cair; Sebuah Upaya Pemberdayaan Anggota Aisyiah Di Wilayah Solo Raya. The 6th University Research Colloquium 2017.

https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/913-pengertian-ekonomi-kreatif-ciri-jenis-sektor-contoh-dan-perkembangan-ekonomi-kreatif-di-indonesia. Diakses tanggal 11 Juli 2021

https://trendindonesia.com/industri-kreatif-untuk-ibu-rumah-tangga/ Diakses tanggal 11 Juli 2021

https://www.jemberpost.net/polije-beri-pelatihan-keterampilan-membuat-bunga-artifisial-berbahan-baku-sabun-mandi-sebagai-pengharum-dan-penghias-ruang/ . Diakses tanggal 11 Juli 2021

Haro, A. Aws, Waspodo, A. & Wahyu, Handaru A. (2017). Peningkatan Keterampilan Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Rangka Penghematan Pengeluaran Melalui Pembuatan Sabun Cair Sederhana. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2)

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Rini Noviyanti. Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren. E-Jurnal Intaj. Vol. 1 No.1 (Februari 2017)

Tilaar. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasiona. Kompas.