Pendampingan Penyelesaian Masalah Geometri dan Pengukuran Bagi Guru SD Kecamatan Magersari Mojokerto

Manuharawati Manuharawati
Budi Rahadjeng
Dian Savitri
Muhammad Jakfar
Toni Phibeta
Kevin Alifviansyah


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v9i2.2281

Abstract


ABSTRAK

Tujuan pembelajaran matematika di SD adalah agar peserta didik memiliki kemampuan pemahaman konsep, penalaran, memecahkan masalah, mengomunikasikan gagasan, dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Untuk dapat memotivasi para peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran, setiap guru matematika harus mengetahui dan memahami langkah-langkah dan strategi dalam penyelesaian masalah matematika. Dari sisi lain, berdasarkan wawancara kami dengan Ketua Gugus 02 Kecamatan Magersari Mojokerto dan hasil PKM 2020, sebagian besar guru SD di Kecamatan Magersari belum mempunyai kemampuan dan ketrampilan melakukan pemecahan masalah matematika topik geometri dan pengukuran. Oleh karena itu, dengan metode ceramah, diskusi, dan penugasan serta pendekatan andragogi yang dilakukan secara daring, tim PKM kami melakukan pendampingan pemecahan masalah geometri dan pengukuran bagi guru SD Kecamatan Magersari Mojokerto. Melalui survei pengetahuan (ketrampilan) awal sebelum pendampingan dan survei akhir setelah pendampingan, diperoleh bahwa ada kenaikan pengetahuan (ketrampilan) pemecahan masalah bagi guru SD Kecamatan Magersari Mojokerto. Melalui form kepuasan peserta diperoleh bahwa: 86% peserta mengikuti kegiatan sesuai bidang keahlian; sebesar 100% termotivasi dan akan menerapkan materi yang didapat ke sekolah; sebesar 100% setuju bahwa pemateri menguasai materi, menyampaikan materi dengan variatif, responsif terhadap pertanyaan peserta. Peserta juga berharap untuk dijadikan mitra jika ada kegiatan pendampingan pemecahan masalah untuk topik yang berbeda.

Kata kunci: Pengetahuan dan ketraampilan pemecahan masalah, geometri, pengukuran.

Article Metrics :

References


BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP

Hudoyo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Malang: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, 2014. Kurikulum 2013 Lampiran 3 Permendikbud No. 58 2014, hlm. 325

Manuharawati, D.N. Yunianti, M. Jakfar. (2018). Peningkatan Kompetensi Materi Aljabar Bagi guru SD di Kediri Melalui Pembinnaan Olimpiade Matematika. Prosiding Semnas PPM 2018. Surabaya: LPPM Unesa.

Manuharawati, D.N. Yunianti, H.Trisutanto,. M. Jakfar. (2019). Pelatihan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Ponorogo Jawa Timur. Laporan PKM 2019. Surabaya: LPPM Unesa

Manuharawati, R. Sulaiman, H.Trisutanto,. M. Jakfar. (2020). Pengembangan Bahan Pelatihan Olimpiade Siswa Via Daring Bagi Guru SD Kecamatan Magersari Mojokerto Di Tengah Covid-19. Laporan PKM 2020. Surabaya: LPPM Unesa.

Manuharawati, R. Sulaiman, H.T.Sutanto, M.Jakfar, T. Phibeta (2021). Development of Online Student Olympiad Training Materials for Elementary School Teachers in Magersari Mojokerto Subdistrict in the COVID-19 Pandemic Era. Gandrung: Jurrnal Pengapdian Pada Masysrakat, 2021, 1 (1), ISSN: 2721-6136 (online)

Polya, G. (1971). How to Solve It: A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press

Sinambela, P.N.J.M., (2008). Faktor-faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Generasi Kampus: Jurnal Unimed, Vol 2, No 2 (2)

Sutrisno, Ahmad Budi dan Firdha Razak. (2018). Skripsi Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditijau Dari Kepribadian Siswa Philegmatis. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2): 120-131