Pemberdayaan Dan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Kepada Pelaku Usaha Melalui Pendampingan Kewirausahaan di RPTRA Kenanga Pada Era Pandemi

Fitriyah Nurhidayah
Teguh Prasetio
Dalizanolo Hulu


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v9i1.1941

Abstract


ABSTRAK

RPTRA Kenanga Cideng Jakarta Pusat merupakan salah satu dari 6 (enam) RPTRA rintisan yang dibangun oleh PT Pembangunan Jaya. RPTRA ini memiliki sentra aktifitas warga di kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, dan termasuk diantaranya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Pelaku usaha dicirikan oleh pengelolaan usaha secara tradisional dengan modal usaha yang relatif kecil dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Pola kelola usaha seperti ini menyebabkan perkembangan pelaku usaha menjadi amat lambat. Penguasaan kewirausahaan dan pengelolaan keuangan sangat diperlukan bagi setiap pelaku usaha dalam menghadapi perubahan dan persaingan lingkungan usaha saat ini agar dapat tumbuh berkembang menjadi lebih besar. Sebuah pelatihan serta pendampingan kewirausahaan pendukung usaha kepada pelaku usaha di sekitar RPTRA Kenanga dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan panduan tentang pengelolaan usaha selain untuk meningkatkan omzet, juga untuk mengetahui pengelolaan keuangan yang baik melalui pembuatan Laporan Kaeuangan sehingga akan meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku usaha dalam mengelola usahanya tersebut melalui pemanfaatan sebuah aplikasi Si-AKAD dari Bank Indonesia. Pelatihan diberikan dengan memperkenalkan hal-hal umum seputar kondisi ekonomi dan keuanganan yang sering ditemui oleh pelaku usaha. Untuk keberlanjutan dalam pengabdian masyarakat ini dibuatkan modul yang berisi materi kewirausahaan dan juga manual penggunaan aplikasi Si-AKAD agar sewaktu-waktu para pelaku usaha menemukan kendala maka bisa mempelajari kembali langkah-langkah mengoperasikan aplikasi Si-AKAD tersebut.

.

Kata kunci: pelaku usaha, kewirausahaan, laporan keuangan, RPTRA, Si-APIK

Article Metrics :

References


Permanasari, E., Nugraha, H., Nurhidayah, F., (2018). Metode Desain Partisipatif Sebagai Model Pembangunan 6 RPTRA DKI Jakarta. UPJ Press.

Aplikasi SI APIK Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/siapik/v110/