Pelatihan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Pada Siswa SMA

Nur Farida
Vivi Suwanti
Sumadji Sumadji


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v9i1.1937

Abstract


ABSTRAK

Pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang maka kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang komputer pun semakin meningkat. Dalam hal pembelajaran, komputer sudah menjadi alat bantu yang lazim digunakan di berbagai tingkatan sekolah. Pemanfaatan program komputer dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa mengkonstruksi konsep-konsep matematis. Oleh karena itu media komputer sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika masa kini. Salah satu program komputer yang sering digunakan guru untuk membantu menerangkan konsep-konsep geometri adalah Geogebra. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan Geogebra dalam menanamkan konsep grafik fungsi kuadrat dan parabola, Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Puntir dan Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Ngembal. Pelatihan ini dilakukan pada bulan April 2020 selama 2 kali pelatihan, bertempat Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Puntir dan Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Ngembal. Metode yang digunakan: presentasi, praktik, demonstrasi. Selanjutnya dilakukan pendampingan di sekolah tempat peserta pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pengabdi, dapat dilihat bahwa sebanyak 90% siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Puntir dan 93% siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Ngembal telah mampu menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan fungsi menggunakan program aplikasi geogebra terjadi peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan program Geogebra untuk membelajarkan siswa tentang konsep grafik fungsi kuadrat dan grafik parabola.

Kata-kata Kunci: Pelatihan Media Geogebra, Pemahaman Konsep, Geometri


Article Metrics :

References


Dahar, Ratna.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Erlangga. Fried, Carrie B. 2006. In-class Laptop Use and Its Effects on Student Learning. Journal of Computers & Education, 21(8), 541 - 548.

Salih, Rakap. 2010. Impacts Of Learning Styles And Computer Skills On Adult Students Learning Online. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol 9, Issue 2.