Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Software Cabri 3D Guru SMA Al Furqon Driyorejo di Kabupaten Gresik

Suesthi Rahayuningsih
Achmad Rijanto
Engkin Suwandana


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v9i1.1919

Abstract


Mitra pengabdian kepada masyarakat ini adalah SMA Al Furqon Driyorejo di Kabupaten Gresik. Masalah mitra adalah kesulitan memvisualisasikan bangun ruang dalam pemecahan masalah, karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang adanya software cabri 3d yang dapat mengatasi kesulitan tersebut serta belum memiliki keterampilan dalam menggunakan software cabri 3d. Solusi yang dapat ditawarkan adalah memberikan informasi dan pengetahuan tentang software cabri 3d dalam pemecahan masalah bangun ruang, pelatihan pengunaan software cabri 3d dalam memvisulisasikan bangun ruang kepada guru mitra serta mengadakan pendampingan penggunaan software cabri 3d dalam pemecahan masalah bangun ruang. Dan target luaran yang diharapkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan tentang software cabri 3d dan peningkatan keterampilan penggunaan software cabri 3d dalam memvisualisasikan bangun ruang untuk pemecahan masalah. Metode pelaksanaan yang dipakai adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil capaian pengabdian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan mita sebesar 53 % dan adanya peningkatan keterampilan penggunaan software cabri 3d dalam memvisualisasikan bangun ruang untuk pemecahan masalah sebesar 60 %.


Article Metrics :

References


Anthony. (2006). Designing a Teacher Unit in Cabri 3D Environment for Concepts Figures in Hong Kong Secondary Mathematics Curiculum. Hong Kong:Goverment of Hong Kong SAR.

Cabri. (2012). Cabri Strengths. http://www.cabri.com/educative-software.html

Hidayat, B. R. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 40.

Kosa, T., & Karakus, F. (2010). Using Dynamic Geometry Software Cabri 3D for Teaching Analytic Geometry. Procedia - Social and EhavioralSciences, 2(2).

Machfoedz, M. (2015). Kewirausahaan: Metode, Manajemen, dan Implementasi. (Cetakan Pe). BPFE-Yogyakarta.

Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Pengusaha Mikro Kerupuk Samiler Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Pengelolaan Usaha Mikro. Prosiding SNasPPM, 217222.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.

Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT.Refika Aditama.

Suhendri, H. (2015). Pelatihan dan Pendampingan Usaha Mikro Di Sablon & Printing dan The Jokers Sablon & Offset di Malang. Jurnal Dedikasi, 12(1), 813.