TRANSFER IPTEK A-BRAINTIF BAGI GURU-GURU RA DAARUL AULADDI ERA POST COVID-19

Ratni Purwasih
Fifiet Dwi Tresna Santana
Lenny Nuraeni


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i1.1612

Abstract


Anak usia TK adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung di jalur matematika, karena usia TK sangat peka terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapat stimulasi yang sesusi dengan tugas perkembangannya. Oleh karena itu, kemampuan mengelola kelas dan penyampaian konsep belajar di RA/TA perlu guru miliki. Adapun permasalahan yang dialami mitra pengabdian ini meliputi: (1) Guru-guru RA Daarul Aulad belum memiliki keterampilan mengajar menggunakan media pembelajaran softwere Geogebra berbasis ICT; (2) Belum ada media pembelajaran matematika menggunakan softwere geogebra berbasis ICT; (3) Tidak ada modul atau tutorial untuk mengajar menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Solusi yang ditawarkan dalam PKMS ini adalah transfer IPTEK A-Braintif berbantuan ICT di sekolah mitra yaitu RA Daarul Aulad. Hasil pengabdian PKMS ini adalah Kelompok Guru RA Daarul Aulad memiliki kemampuan membuat dan menyampaikan konsep pengenalan bentuk dan warna (1) dengan mempergunakan media pembelajaran A-Braintif berbantuan ICT; (2) Tersedianya media pembelajaran A-Braintif berbantuan ICT hasil karya dari kelompok Guru RA; (3) Pembuatan video tutorial dan modul media pembelajaran A-Braintif berbantuan ICT.

Kata kunci: Aplikasi Geogebra, A-Braintif Berbasis ICT, Guru RA, Era Post Covid 19

Article Metrics :

References


Hastuti, S., & Wijayanti, L. (2012). Kinerja Manajerial: Hasil Kerjasama Tim dan Perbaikan Berkesinambungan. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 10-18.

Laily, Jalal, & Karnadi,. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media