Pelatihan Terhadap Guru Tentang Cara Menggali Komunikasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar Visual

Fajar Hendra Utomo



DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i2.1454

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan observasi di sekolah Dasar pada kelas matematika terdapat siswa yang menyelesaikan masalah matematika dengan cara yang berbeda-beda walaupun diberi soal yang sama, dalam menyelesaikan soal pecahan beberapa siswa menyelesaikan dengan algoritma dalam bentuk angka dan simbol, sebagaian lagi menyelesaikan pecahan dengan gambar-gambar yang di arsir, hal ini memungkinkan bahwa gaya belajar siswa berhubungan dengan kemampuan komunikasi matematika baik tulis maupun lisan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada guru tentang menganalisis kemampuan komunikasi matematika siswa SMP ditinjau berdasarkan gaya belajar visual. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan dilaksanakan di SMPIQu Al Bahjah Karangrejo kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Jarak dari Kota Tulungagung ke SMPIQu Al Bahjah Tersebut sekitar 15 KM ke arah barat dekat dengan Gunung Wilis. Jumlah guru di SMPIQu Al Bahjah Karangrejo sekitar 10 Guru. Saat ini SMPIQu Al Bahjah Karangrejo menggunakan kurikulum KTSP 2006, dan di antara 10 guru ditemukan pendidikanya tidak linier, hal ini menyebabkan para guru kesulitan merancang pembelajaran yang efektif. Sementara jumlah siswa nya ada 59. Pengabmas ini tepat dilakukan disana karena banyak Siswa SMP yang komunimkasi matematika bagus tapi belum tergarap dengan baik. oleh karena itu perlu adanya pelatihan terhadap guru mapel matematika atau tematik matematika. Ada tiga tahap kegiatan program pengabdian yang diajukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi berjalan dengan lancar. Para peserta pelatihan menanggapi positif kegiatan ini. Dengan pelatihan ini, peserta mampu menganalisis kemampuan komunikasi matematika siswa SMP ditinjau berdsarkan gaya belajar visual.

Kata kunci : gaya belajar visual, komunikasi matematika, pelatihan


Article Metrics :

References


Adi, W Gunawan. 2006. Genius Learning Strategi Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki.2007. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kartini.2015. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Think, Talk, Write (TTW). http://kartiniokey.blogspot.com/2010/05/ meningkatkan-kemampuan-komunikasi. html. di akses 5 September 2017

National Councils Of Teachers Of Mathematic (NCTM). (2000). Principles And Standard For School Mathematics. The National Councils Of Teachers Of Mathematic, INC.

Ningtyas.2017. Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa VIII MTs Jabalsari dalam memahami pokok bahasan garis singgung lingkaran berdasarkan kemampuan siswa, dalam http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2058 diakses 07 September 2018