Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Literasi dan Pendampingan Praktek Evaluasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMP di Kabupaten Tulungagung

Muhammad Ilman Nafi'an
Mohammad Gufron
Dian Septi Nur Afifah


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i2.1451

Abstract


ABSTRAK

Minimnya pengetahuan guru terkait literasi matematika, rendahnya kemampuan literasi siswa dan rendahnya kemampuan guru dalam pengembangan soal berbasis literasi matematika sehingga ketercapian tujuan pembelajaran masih rendah, disisi lain dalam Kurikulum 2013 diamanahkan pembelajaran berbasis literasi. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada dapat melalui pelatihan guru matematika di Tulungagung, yakni pengembangan pembuatan soal matematika berbasis literasi matematika. Target khusus yang diharapkan tercapai melalui program pengabdian ini yaitu perbaikan kualitas pembelajaran, peningkatan kompetensi pedagogik dan pengembangan profesionalisme guru matematika. Untuk itu kegiatan ini akan memberikan pelatihan ketrampilan dalam pengembangan soal berbasis literasi matematika sesuai peminatan mitra, agar nantinya mitra mampu mengembangkan dan menerapkan soal berbasis literasi matematika dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi guru dan siswa. Ada tiga tahap kegiatan program pengabdian yang diajukan yaitu tahap awal yang meliputi kelengkapan administrasi, observasi dan survey lokasi, merancang kegiatan inti dan modul pelatihan. Tahap inti dalam program pengabdian ini melibatkan guru matematika SMP secara langsung sebagai peserta yang akan mengikuti rangkaian kegiatan yaitu (1) knowledge sharing tentang pentingnya literasi matematika, (2) sosialisasi penerapan literasi matematika dalam pembelajaran matematika (3) praktik pembuatan soal berbasis literasi matematika (4) ujicoba soal berbasis literasi matematika (5) evaluasi kemampuan guru dalam pembuatan soal berbasis literasi matematika dan (6) evaluasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis literasi matematika. Tahap akhir merupakan evaluasi kegiatan yang diwujudkan dalam laporan akhir dan publikasi hasil kegiatan. dari kegiatan ini para guru berhasil membuat soal berbasis literasi matematika dengan baik, serta mampu menerapkan melalui praktek evaluasi di kelasnya.

Kata kunci : pelatihan, soal matematika, literasi, kompetensi guru

Article Metrics :

References


Appel, K., Buckingham, E., Jodoin, K., Roth, D. (2012). Participatory Learning and Action Toolkit: For Application in BSRs Global Programs. Paris: BSR.

Bryman, A. (2008). Social research methods. UK: Oxford University Press.

Horn, D. (2014). The Effectiveness of Apprenticeship Training. Budapest: Department of Human Resources, Cornivus Universitty of Budapest.

IIED (International Institute for Environment and Development). (2013). Participatory Learning and Action. UK: IIED.

Onyima, J., Nzwei, H., & Chiekezie, O. (2000). Effect of Apprenticeship and Social Capital on New Business Creation Process of Immigrant Entrepreneurs. Nigeria: Nnamdi Azikiwe University.